Halodoc hadirkan platform digital pelayanan kesehatan Halodoc Goes to Hospital (HG2H)/Youtube
Fashion

Ini Aplikasi Kesehatan dan Vitamin yang Paling Banyak Dipakai Selama Pandemi

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 15 Desember 2020 - 14:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Badai pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia telah memberi banyak perubahan dalam gaya hidup masyarakat.

Dari sisi kesehatan, misalnya, kesadaran masyarakat akan pola hidup sehat terus meningkat. Sejumlah upaya dilakukan masyarakat, baik dengan cara meningkatkan pengetahun tentang kesehatan hingga mengikuti himbauan yang dikeluarkan pemerintah.

Populix, platform market research yang membantu pelaku usaha dalam mencari tahu kebutuhan pasar dengan lebih dari jutaan responden di berbagai wilayah di Indonesia, melakukan riset tentang kesehatan terhadap 250 orang responden di Jabodetabek. 61% di antaranya perempuan.

Layanan kesehatan online, khususnya via aplikasi, mengalami peningkatan yang signifikan. Selama pandemi, 43% responden melakukan konsultasi sekali dalam sebulan. Bandingkan dengan sebelum pandemi yang angkanya hanya 34%.

Aplikasi dipilih karena praktis, cepat dan mudah,” kata Jessica Gautama, Head of Marketing Populix dalam keterangan tertulisnya.

Lewat aplikasi, masyarakat umumnya melakukan konsultasi kesehatan, membaca artikel dan juga membeli obat-obatan. Sementara, aplikasi yang menjadi pilihan favorit masyarakat untuk berkonsultasi cukup beragam.

Halodoc menjadi aplikasi paling sering dikunjungi masyarakat dengan 33% suara dari total responden. Di belakangnya ada Alodokter yang mendapat 29% suara responden. Sementara, Klikdokter dan GrabHealth masing-masing berbagai angka 8%.

Tidak hanya konsultasi dan aktivitas kesehatan online yang mengalami perubahan. Tren mengonsumsi vitamin juga mengalami peningkatan selama pandemi. Dari seluruh responden, 84% di antaranya mengonsumsi vitamin untuk meningkatkan imun.

Enervon C, Vitacimin dan Imboost jadi produk vitamin dan suplemen buruan masyarakat di tengah pandemi. Dari seluruh responden, Enervon C mendapat 18% suara. Sementara dua produk lainnya 13% dan 8% suara responden.

Selain lini kesehatan, perubahan gaya hidup selama pandemi juga terjadi pada tren perawatan kulit. Berbagai produk perawatan kulit selama pandemi terpantau semakin diminati.

Dari seluruh responden perempuan, 86% di antaranya menggunakan produk skincare. Mayoritas responden pertama kali menggunakan skincare saat usia remaja, yaitu antara 15-18 tahun.

“Pertimbangan utama saat memilih produk perawatan kulit adalah karena keamanan, klaim produk halal, melihat review dan tentunya karena harga yang terjangkau,” ungkap Jessica.

Produk perawatan kulit yang paling sering digunakan sehari-hari adalah facial wash yang angkanya mencapai 77% suara responden perempuan. Selain itu, facial wash ada handbody (61%), moisturizer (41%) dan masker wajah (40%).

Nah, buat kamu yang ingin tahu seputar produk kesehatan dan juga perawatan kulit yang sesuai, pelajari dulu dengan riset dan data yang tepat sebelum menjatuhkan pilihan. Termasuk jika kamu ingin memulai bisnis di bidang kesehatan maupun perawatan kulit.

“#DenganData yang tepat masyarakat dan pelaku bisnis dapat mengenal lebih baik lagi mengenai perubahan kebutuhan konsumen di masa pandemi ini. Sehingga, mereka dapat membuat keputusan secara efektif dan efisien,” tutup Jessica.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro