Menonton film dan menikmati minuman hangat menjadi cara untuk menghabiskan malam Natal saat sedang tidak mudik./Ilustrasi/Gettingbalance
Fashion

Tips Agar Tidak Kesepian di Hari Natal

Rezha Hadyan
Senin, 21 Desember 2020 - 13:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perayaan Natal tahun ini tentunya akan sangat berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, khususnya bagi Anda yang tinggal jauh dari kerabat atau baru saja kehilangan orang terkasih.

Pandemi Covid-19 berhasil membuat semuanya tak lagi sama. Kesepian menghantui banyak orang hingga akhirnya menciptakan gangguan kecemasan sosial (social anxiety disorder/SAD) yang tentunya sangat sulit dihadapi.

Melansir Very Well Mind pada Senin (21/12/2020), secara umum, ada tiga cara untuk mengatasi kesendirian saat Natal.

Pertama, Anda dapat mengatasi kondisi mental Anda dan bagaimana hal itu berkontribusi pada kesepian Anda. Kedua, Anda dapat menemukan hal-hal untuk dilakukan saat Natal yang membuat Anda merasa tidak terlalu sendirian. ketiga, Anda dapat merencanakan ke depan sehingga Anda tidak sendirian kali ini tahun depan jika Anda tidak menginginkannya.

1. Mengatasi Kondisi Mental Anda

Natal adalah hari yang tepat untuk meluangkan waktu untuk menghargai apa yang Anda miliki dalam hidup, baik itu kesehatan yang baik, tempat tinggal, atau makanan di atas meja.

Bersyukur juga akan membantu Anda mengatasi kecemasan, saat Anda belajar hidup pada saat ini dan memperhatikan lingkungan sekitar. Salah satu cara mempraktikkan rasa syukur adalah dengan menuliskan tiga hal yang Anda syukuri pada hari ini.

Bagaimana jika Anda diganggu oleh pikiran negatif? Jika Anda merasa tidak tahu cara mengatasi kesendirian, tanyakan pada diri Anda, "Apa yang akan saya lakukan jika saya tahu cara mengatasinya?"

Anda memiliki lebih banyak kekuatan atas pikiran Anda dan bagaimana pikiran itu memengaruhi perasaan Anda daripada yang Anda pikirkan.

2. Tips Mengatasi Kesepian saat Natal

Salah satu cara untuk mengatasi kesendirian di hari Natal adalah dengan pergi keluar dan melakukan sesuatu yang produktif. Daripada menghabiskan hari di rumah sendirian, temukan sesuatu yang dapat Anda lakukan yang sesuai dengan pola pikir dan kondisi mental Anda pada hari itu.

3. Bilang iya

Mungkin Anda sendirian tahun ini karena Anda menolak undangan. Ketahuilah bahwa tidak apa-apa menelepon kembali orang-orang itu dan berkata "ya". Ini sering menjadi masalah bagi mereka yang memiliki kecemasan sosial. Anda menolak undangan hanya untuk menyesalinya dan merasa kesepian setelahnya.

Namun, Anda mungkin bukan satu-satunya yang menolak undangan tahun ini. Ketika pandemi Covid-19 berlanjut, para ahli kesehatan mendesak orang-orang untuk tinggal di rumah dan merayakan hanya dengan orang-orang di rumah mereka.

4. Luangkan Waktu untuk Menjadi Relawan

Salah satu cara untuk mendapatkan apresiasi yang lebih baik atas hal-hal baik dalam hidup Anda adalah dengan terlibat dalam kegiatan sukarela. Selama liburan, menjadi sukarelawan adalah cara untuk terhubung dengan orang lain, meningkatkan harga diri Anda, dan membawa kegembiraan bagi orang-orang yang kurang beruntung.

Pertimbangkan menawarkan untuk membantu menyajikan makan malam di dapur umum, membawa hadiah ke rumah sakit anak-anak, atau mengunjungi penghuni yang kesepian di panti jompo. Tentunya tetap dengan memperhatikan protokol kesehatan dan memastikan diri Anda bebas dari Covid-19.

5. Selenggarakan Perayaan Natal untuk Yatim Piatu

Anda bukan satu-satunya yang sendirian selama liburan, terutama tahun ini karena pertemuan besar dan perjalanan tidak disarankan karena pandemi virus corona.

Rencanakan "Natal Yatim Piatu" bagi mereka yang tidak memiliki siapa pun untuk menghabiskan liburan bersama atau bergabung dengan sekelompok orang dalam keadaan serupa. Jika Anda merasa cemas untuk menjangkau — pertimbangkan bahwa orang lain yang sendirian di hari Natal mungkin merasa terisolasi, kesepian, dan gugup untuk menelepon Anda juga.

6. Mulai Bekerja

Jika Anda menikmati pekerjaan Anda, dan Anda memiliki pilihan untuk bekerja pada hari Natal, habiskan hari dengan produktif. Ini adalah pilihan cerdas jika pekerjaan Anda melibatkan interaksi dengan rekan kerja atau pelanggan; Berada di tempat kerja dapat membantu Anda mengurangi rasa kesepian.

Jika Anda tidak memiliki pilihan untuk bekerja pada hari Natal, habiskan hari dengan bekerja di sekitar rumah Anda atau pada proyek yang Anda tunda terlalu lama.

7. Rayakan Secara Online

Apakah Anda punya teman online? Apakah Anda memiliki kerabat jarak jauh? Selenggarakan Natal online dengan mengatur ruang obrolan Skype atau grup Facebook. Orang bisa keluar masuk sesuka mereka, dan Anda tidak perlu memasak, membersihkan, atau bahkan turun dari sofa.

Sebagai bonus tambahan, Anda akan memiliki kesempatan untuk melatih keterampilan sosial Anda saat menyambut orang baru ke grup dan bertemu dengan teman lama. Anda juga akan menjaga diri dan orang yang Anda cintai tetap aman saat Anda bersosialisasi secara virtual.

8. Nikmati Kesendirian

Jika menyendiri pada hari Natal tidak dapat dihindari, rencanakan hari untuk diri sendiri. Beli sesuatu secara online untuk memanjakan diri Anda, memasak makanan favorit Anda, atau merencanakan maraton film.

Atau, hilangkan klise dan lakukan sesuatu yang tidak biasa seperti belajar bahasa baru atau mulai mengerjakan novel yang selalu ada di kepala Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro