Vaksin buatan Pfizer yang disetujui Inggris
Health

Overdosis Vaksin Corona Pfizer, 4 Orang di Jerman Alami Gejala Mirip Flu

Desyinta Nuraini
Selasa, 29 Desember 2020 - 15:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Efek vaksin virus corona atau Covid-19 terus bermunculan. Di Jerman, petugas perawatan lansia mengembangkan gejala mirip flu setelah dinyatakan overdosis vaksin.

Total delapan pekerja di kota Stralsund di pantai utara Jerman menerima lima kali lipat dosis vaksin BioNTech-Pfizer yang direkomendasikan selama akhir pekan. Namun empat diantaranya mengembangkan gejala mirip flu dan dibawa ke rumah sakit sebagai tindakan pencegahan.

Dari delapan orang, tujuh diantaranya adalah perempuan dan semuanya berusia antara 38 dan 54 tahun.

Administrator distrik setempat Stefan Kerth mengatakan dia sangat menyesali kejadian itu. "Kasus ini disebabkan oleh kesalahan individu. Saya berharap semua yang terkena dampak tidak mengalami efek samping yang serius," kata Kerth seperti dikutip dari 7News, Selasa (29/12/2020).

Jerman, bersama dengan negara-negara Eropa lainnya, mulai memberikan vaksin pada akhir pekan kepada petugas kesehatan dan orang tua.

Tetapi beberapa kota menghadapi penundaan setelah pelacak suhu menunjukkan sekitar 1000 bidikan yang dibuat oleh BioNTech dan Pfizer mungkin tidak disimpan cukup dingin selama transit.

Staf medis menemukan suhu dalam satu kotak pendingin pengangkutan vaksin telah meningkat menjadi 15C. Juru bicara Lichtenfels mengatakan itu di atas maksimum 8C yang ditetapkan oleh produsen. Dia menambahkan bahwa pihaknya belum menerima saran dari BioNtech tentang bagaimana cara melakukannya.

Pemerintah daerah wilayah Upper Franconia Bavaria, di mana beberapa distrik yang terkena dampak berada, mengatakan BioNTech membersihkan vaksin pada Minggu malam.

BioNtech sebelumnya mengatakan bertanggung jawab atas pengiriman ke 25 pusat distribusi Jerman dan negara bagian federal dan otoritas lokal bertanggung jawab atas pengiriman ke pusat vaksinasi dan tim vaksinasi keliling.

“Di sinilah terjadi variasi suhu. Kami berhubungan dengan banyak otoritas untuk memberikan nasihat, namun terserah mereka bagaimana melanjutkannya," kata juru bicara BioNTech.

Dalam presentasi bulan Desember, BioNtech mengatakan setelah dikeluarkan dari freezer, vaksin dapat disimpan hingga lima hari pada 2-8C dan hingga dua jam pada suhu hingga 30C, sebelum digunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro