Ilustrasi/Popsugar
Relationship

Ingin Lebih Sukses Tahun Depan? Ini 5 Tips Sukses Karir 2021

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Selasa, 29 Desember 2020 - 18:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Bayangkanlah Anda memasuki 2021 dengan kepercayaan diri, dan Anda siap melakukan investasi diri meraih sukses pada karir Anda.

Nah, apakah Anda sudah memiliki bayangan itu? Bagaimana Anda mewujudkannya?

Nah, tahun depan adalah tahun yang tepat bagi Anda berhenti bermimpi dan mulai mengerjakan sesuatu. Ada banyak hal berubah pada 2020; banyak orang yang mulai hidup secara digital.

Sebagai contoh, aplikasi Zoom melonjak menjadi aplikasi yang paling banyak didownload pada 2020. Perubahan yang substansial ini tentu memberi dampak besar pada pola kerja. Ketika segalanya dikerjakan secara digital, ada banyak skill yang harus ditingkatkan untuk bisa bertahan dalam kompetisi.

Dilansir dari Photologo.co pada Selasa (29/12/2020), meski 2020 memberi banyak tantangan, berikut 5 tips bagi Anda sebagai navigasi untuk meningkatkan karir Anda pada 2021.

  1. Tingkatkan Personal Branding

Jika Anda sedang membuat resolusi awal tahun, maka Anda perlu memasukkan target untuk meningkatkan personal branding. Tak hanya pada industri tertentu saja, personal branding kini memiliki nilai lebih. Ini adalah cerita Anda, mengapa Anda bernilai dan apa saja kompetensi Anda serta seperti apa visi Anda.

Personal branding adalah ide strategi agar orang lain mengenal Anda. Jika Anda sukses merumuskan personal branding, maka Anda bisa menciptakan gambaran pada orang lain tentang diri Anda sendiri sesuai harapan Anda.

  1. Tingkatkan Skill

Dengan pergeseran cara kerja, sejumlah skill baru diperlukan ketimbang yang lain. Di atas semua itu, kompetisi semakin meningkat maka pastikanlah Anda tidak tertinggal di belakang. Jika Anda berkomitmen untuk belajar lebih banyak maka Anda akan bersinar lebih terang. Tidak ada yang bisa lebih baik bagi Anda meningkatkan skill dan memastikan Anda tetap memikat di lapangan kerja.

Ada banyak kursus online di internet yang bisa membantu Anda menaikkan skill Anda, oleh sebab itu jangan sia-siakan skill Anda. Skill Anda bisa dikombinasikan dengan baik bagi personal branding Anda. Mulailah membuatnya lebih cantik dan menarik sebagai cara menaikkan karir Anda ke level paling atas.

  1. Review Diri Anda

Bersiaplah karena kini jejak digital akan mempengaruhi penilaian atas diri Anda. Tak banyak orang yang menyadari pentingnya menjaga dan mereview jejak digital. Orang tidak akan mudah melupakan unggahan Anda yang akan sangat mungkin mengganggu pekerjaan impian Anda.

Maka menjadi sangat penting menjaga kepercayaan dengan jejak digital yang bersih. Karena beginilah oranh akan banyak dan saling terkoneksi dengan Anda, sehingga memudahkan Anda merekrut konsumen yang potensial. Hapus komen atau unggahan yang merusak citra Anda, dan tetap berhati-hati dalam unggahan ke depannya.

  1. Perkuat Jejak Digital Anda

Sekali Anda memiliki jejak digital yang baik. Maka selanjutnya, Anda harus memperkuat jejak itu. Para pencari SDM dan konsumen tak hanya memperhatikan Anda, tetapi mereka juga merasa perlu mempercayai Anda, dan dalam langkah yang tepat Anda harus membangun jejak digital yang profesional untuk memperkuat eksistensi Anda di dunia digital.

Investasikanlah grafik pemasaran untuk diri Anda sendiri, buatlah konten yang relevan, dan cobalah lebih konsisten dengan merk Anda di dunia digital. Setel profil Linkedin sebagai salah satu cara menaikkan citra profesional Anda di dunia digital.

  1. Tingkatkan Skill Manajemen Waktu

Waktu adalah hal paling berharga, sumber untuk semua yang Anda miliki, kadang terasa berlebihan bahkan kadang terasa sangat kurang.

Karena kini kita bekerja pada suasana yang cenderung mengandalkan tangible skills, terkadang kita kesulitan dalam mengelola waktu. Maka, manajemen waktu adalah hal penting bagi semua orang dalam industri. Maka, bekerja secara produktif adalah kunci untuk menaikkan karir Anda pasa 2021.

Mengapa demikian? Karena Anda akan meningkatkan target karir, dan harus lebih memperhatikan kesehatan diri, yang mana ini adalah resep jangka panjang meraih sukses.

Oleh karena itu, menanam investasi pada diri sendiri tidak akan pernah selesai karena ini sama dengan menanam investasi pengembangan diri.

Maka jika Anda ingin sukses dalam karir, mulailah menaikkan kapasitas diri dan nilai Anda. Jangan menunggu kesempatan datang, mulailah menciptakan inovasi dengan daya Anda sendiri, maka kelak Anda akan mencicipi buah dari upaya Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro