Warga berolahraga di Komplek Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (21/2/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Health

Catat! 5 Ide Resolusi Tahun Baru 2021 untuk Hidup Sehat

Ika Fatma Ramadhansari
Kamis, 31 Desember 2020 - 16:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kesehatan menjadi topik yang hangat diperbincangkan sepanjang 2020 ini. Pasalnya, sepanjang tahun ini penduduk dunia ini menghadapi kejadian luar biasa, yaitu pandemi Covid-19.

Pandemi tidak pernah dialami sebelumnya oleh manusia yang hidup di era modern. Virus Corona memaksa kita mengubah pola hidup mulai dari cara kerja, ritme kerja, kebiasaan, fokus, dan perhatian. Karena itu, menjaga imunitas tubuh sepanjang tahun ini menjadi topik yang penting.

Menyambut 2021, tentu fokus kita tidak akan jauh dari bagaimana menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit terutama virus Covid-19. Dikutip dari Atkins pada Kamis (31/12/2020), berikut beberapa ide resolusi tahun baru untuk gaya hidup sehat:

1. Pertahankan Pola Makan Sehat
Terlepas dari apakah Anda mencoba menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan saat ini, diet seimbang akan membantu Anda menjadi lebih fit. Sebaiknya, batasi karbohidrat apalagi jika Anda tidak banyak bergerak. Anda bisa membatasi konsumi seperti nasi, roti, pasta, kue kering, dan sayuran bertepung.

2. Ayo Bergerak
Tidak perlu lama, cukup sisakan waktu 30 menit untuk bergerak dan berkeringat. Bisa dengan gerakan yang sederhana, seperti berjalan kaki setelah makan malam. Perubahan kecil ini dapat meningkatkan kesehatan Anda.

3. Tingkatkan Kualitas Tidur
Tidur yang berkualitas merupakan praktik penting dilakukan saat ini. Agar tidur Anda berkualitas, hentikan penggunaan layar seperti ponsel, TV, laptop, dan sejenisnya di tempat tidur. Batasi tidur siang, dan buat rutinitas malam hari yang santai.

4. Hilangkan Kebiasaan Buruk
Tidak hanya memperbanyak kebiasaan baik, menghilangkan kebiasaan buruk juga akan membuat Anda lebih sehat. Bisa dari berhenti merokok, hindari cemilan yang tidak perlu atau bahkan kebiasaan menun-nunda. Lembaran tahun baru ini adalah saat yang tepat untuk memulai.

5. Latih Kesadaran
Perhatian penuh telah menjadi topik hangat dalam beberapa tahun ini, karena memberikan manfaat kesehatan. Mulai dari menurunkan stress hingga peningkatan fokus. Bebberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melatih ini adalah dengan yoga, meditasi, dan melatih kerajinan tangan seperti merajut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro