Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak 5 Gejala Kekurangan Vitamin D dan Cara Mencegahnya

Mudak lelah dan rambut mudah rontok menjadi gejala yang muncul saat tubuh kekurangan asupan vitamin D.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 05 Januari 2021  |  14:31 WIB
Berjemur pada pagi hari sebagai salah satu cara mendapat vitamin D - Istimewa
Berjemur pada pagi hari sebagai salah satu cara mendapat vitamin D - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Vitamin D membantu meningkatkan kesehatan tulang dan menyerap jumlah kalsium yang tepat dari makanan rutin kita. Sinar matahari adalah sumber utama vitamin ini.

Adapun vitamin D berfungsi untuk meningkatkan kesehatan tulang, kekebalan dan mengatur kalsium dalam tubuh manusia. Jika tubuh kita mengalami kekurangan vitamin ini, maka akan terlihat gejala yang tidak biasa. 

Kekurangan vitamin D menyebabkan tulang lemah. Namun, ada juga gejala lain yang sangat tidak biasa seperti dikutip dari Pink Villa, Selaa  (5/1/2021):

1. Anda sering jatuh sakit

Vitamin D juga meningkatkan sistem kekebalan Anda. Jadi, kekurangan vitamin ini akan membuat Anda sering jatuh sakit. Jika Anda sering mengalami pilek atau flu, periksa kadar Vitamin D sekali.

2. Tingkat energi rendah

Jika Anda merasa lelah atau kurang energik sepanjang hari, mungkin itu penyebab kekurangan vitamin D. Ini akan membuat Anda merasa lesu dan lelah setiap saat. Jadi, sertakan makanan kaya vitamin D dalam makanan Anda untuk meningkatkan mood Anda seperti ikan salmon, kuning telur, daging merah, hati, sereal sarapan, olesan lemak, dll.

3. Depresi

Depresi juga merupakan salah satu penyebab kekurangan vitamin D. Itu mempengaruhi mood kita membuat kita merasa tertekan dalam waktu yang lama.

Jika Anda juga merasakan hal yang sama, konsumsi suplemen Vitamin D. Namun, bicarakan dengan dokter Anda sebelum meminumnya.

4. Gangguan kesehatan  kulit

Masalah kulit yang berbeda seperti jerawat, ruam kulit, penuaan kulit juga bisa menjadi penyebab kekurangan vitamin. Anda dapat mengonsumsi makanan kaya vitamin D secara teratur. Paparan sinar matahari secara teratur juga dapat menyembuhkan masalah ini.

5. Rambut rontok

Apakah Anda mengalami kerontokan rambut yang parah? Ini juga salah satu gejala kekurangan vitamin D. Sertakan lebih banyak makanan kaya vitamin D dalam makanan Anda untuk pertumbuhan rambut yang kuat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rambut rontok vitamin d lelah
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top