Berjemur pada pagi hari sebagai salah satu cara mendapat vitamin D/Istimewa
Health

Simak 5 Gejala Kekurangan Vitamin D dan Cara Mencegahnya

Novita Sari Simamora
Selasa, 5 Januari 2021 - 14:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Vitamin D membantu meningkatkan kesehatan tulang dan menyerap jumlah kalsium yang tepat dari makanan rutin kita. Sinar matahari adalah sumber utama vitamin ini.

Adapun vitamin D berfungsi untuk meningkatkan kesehatan tulang, kekebalan dan mengatur kalsium dalam tubuh manusia. Jika tubuh kita mengalami kekurangan vitamin ini, maka akan terlihat gejala yang tidak biasa. 

Kekurangan vitamin D menyebabkan tulang lemah. Namun, ada juga gejala lain yang sangat tidak biasa seperti dikutip dari Pink Villa, Selaa  (5/1/2021):

1. Anda sering jatuh sakit

Vitamin D juga meningkatkan sistem kekebalan Anda. Jadi, kekurangan vitamin ini akan membuat Anda sering jatuh sakit. Jika Anda sering mengalami pilek atau flu, periksa kadar Vitamin D sekali.

2. Tingkat energi rendah

Jika Anda merasa lelah atau kurang energik sepanjang hari, mungkin itu penyebab kekurangan vitamin D. Ini akan membuat Anda merasa lesu dan lelah setiap saat. Jadi, sertakan makanan kaya vitamin D dalam makanan Anda untuk meningkatkan mood Anda seperti ikan salmon, kuning telur, daging merah, hati, sereal sarapan, olesan lemak, dll.

3. Depresi

Depresi juga merupakan salah satu penyebab kekurangan vitamin D. Itu mempengaruhi mood kita membuat kita merasa tertekan dalam waktu yang lama.

Jika Anda juga merasakan hal yang sama, konsumsi suplemen Vitamin D. Namun, bicarakan dengan dokter Anda sebelum meminumnya.

4. Gangguan kesehatan  kulit

Masalah kulit yang berbeda seperti jerawat, ruam kulit, penuaan kulit juga bisa menjadi penyebab kekurangan vitamin. Anda dapat mengonsumsi makanan kaya vitamin D secara teratur. Paparan sinar matahari secara teratur juga dapat menyembuhkan masalah ini.

5. Rambut rontok

Apakah Anda mengalami kerontokan rambut yang parah? Ini juga salah satu gejala kekurangan vitamin D. Sertakan lebih banyak makanan kaya vitamin D dalam makanan Anda untuk pertumbuhan rambut yang kuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro