Pusing atau sakit kepala bisa menjadi gejala virus corona (Covid-19)/Boldsky.com
Health

Apakah Pusing Jadi Gejala Virus Corona? Ini Kata Peneliti

Novita Sari Simamora
Kamis, 7 Januari 2021 - 04:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pusing bisa menjadi gejala yang sangat umum dialami oleh orang-orang karena berbagai alasan. Namun, jangan sampai mengabaikan gejala pusing tersebut, sebab bisa saja Anda terinfeksi virus corona (Covid-19).

Banyak yang beranggapan bahwa pusing disebabkan oleh kelelahan, dehidrasi, penurunan tekanan darah atau sebagai efek samping dari obat-obatan tertentu. Namun, para ahli menilai rasa pusing yang tidak biasa selama pandemi menjadi gejala virus corona.

Mengutip dari Times of India, Rabu (6/1/2021), pusing dan pingsan bisa menjadi tanda-tanda neurologis yang disebabkan oleh virus corona.

Pada awalnya, WHO tidak mengaitkan pusing sebagai gejala virus corona yang khas (seperti demam, batuk kering, atau kehilangan bau). Namun, seiring dengan berkembangnya sifat virus dan tanda-tanda degradasi yang lebih baru terlihat, ada bukti konklusif yang menunjukkan bahwa pusing dan vertigo dapat disebabkan oleh virus dan sering menyerang orang yang mungkin tidak mengalami gejala lain.

Perlu juga dicatat bahwa gejala seperti pusing sering kali dikaitkan dengan infeksi virus, demam, dan malaise.

Apakah pusing menjadi gejala awal infeksi virus corona?

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Ear, Nose and Throat Journal mengumpulkan data yang menunjukkan hal yang sama. Dalam studi tersebut, sebanyak 141 pasien yang tercatat menderita pusing selama infeksi, setidaknya 3 pasien terbukti mengalami pusing sebagai gejala awal COVID-19, yang kemudian diikuti oleh gejala pernapasan lainnya.

Bagaimana rasanya pusing?

Gejala pusing yang tiba-tiba dan tidak biasa, sulit untuk diabaikan. Untuk beberapa kasus, pusing yang muncul adalah gerakan yang tidak seimbang hingga vertigo yang ekstrim. Kebanyakan orang tiba-tiba merasakan sensasi berputar yang tidak biasa, yang bisa menjadi tanda pusing dan disorientasi.

Bagaimana kaitan pusing dan virus corona?

Salah satu alasan mengapa banyak orang merasa pusing terkait dengan COVID-19 adalah karena banyak komplikasi virus yang diketahui.

Sebenarnya, telah lama diketahui bahwa virus corona dapat menjadi penanda yang mengganggu bagi otak dan neuron, ergo, menyebabkan gejala yang tidak menyenangkan termasuk mengigau, kebingungan, kehilangan ingatan, disorientasi, kebingungan dan pusing.

Apa yang harus dilakukan jika Anda mengalami pusing?

Pertama, singkirkan jika pusing yang Anda alami disebabkan oleh penyebab non-Covid, terutama jika Anda termasuk dalam kelompok risiko tinggi, seperti serangan jantung, dehidrasi, gangguan saraf. Jika tidak, pertimbangkan untuk mendapatkan nasihat dokter sedini mungkin

Apakah ada tanda peringatan lain yang harus dicari?

Jika Anda mencurigai pusing yang Anda rasakan sebagai gejala virus corona, segera lakukan tes. Karena komplikasi neurologis sering dikaitkan dengan bentuk infeksi Covid-19 yang parah, perawatan pencegahan paling awal dapat membantu pulih lebih cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro