Sakit kepala karena migrain dan insomnia menyebabkan gangguan aktivitas/boldsky.com
Health

Sering Sakit Kepala, Awas Ini Gejala Penyakit Serius yang Perlu Diketahui

Newswire
Senin, 4 Januari 2021 - 07:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sakit kepala bisa merusak seluruh jadwal dan kegiatan Anda di pagi hari. Kepala yang berdenyut hingga kehilangan keseimbangan bisa membuat Anda kesal dan harus istirahat.

Setiap orang pasti pernah mengalami sakit kepala di pagi hari. Namun, jika Anda cukup sering mengalaminya, maka ada beberapa alasan mendasar yang mungkin Anda abaikan. 

Berikut 5 hal yang mungkin bisa memicu sakit kepala di pagi hari, seperti dilansir dari laman Times of India:

1. Insomnia

Penyebab paling umum dari sakit kepala pagi adalah insomnia atau sulit tidur. Bahkan setelah tidur selama tujuh hingga delapan jam di malam hari, jika Anda tidak merasa segar dan cukup istirahat di pagi hari itu berarti Anda tidak mendapatkan tidur yang berkualitas.

Untuk mencegah sakit kepala, pertama-tama Anda harus menemukan akar penyebab masalahnya dan untuk itu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda.

2. Menderita migrain

Sakit kepala di pagi hari sering disebabkan oleh migrain. Penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan orang menderita migrain di pagi atau malam hari. Umumnya, ini terjadi pada kerangka waktu yang sama. Jadi, ada kemungkinan besar bahwa sakit kepala di pagi hari Anda sebenarnya adalah migrain. Migrain dapat dipicu karena banyak hal dan Anda hanya perlu mengelolanya.

3. Otot Anda mungkin tegang

Sakit kepala pagi hari mungkin karena otot tegang di leher, yang bisa disebabkan oleh bantal yang Anda gunakan atau posisi tidur Anda. Bantal menopang leher dan tulang belakang. Untuk itu, Anda perlu menggunakan jenis bantal yang tepat. Bantal yang empuk bisa menimbulkan masalah. Jadi, periksalah bantal dan posisi tidur Anda.

4. Menggemeretakkan gigi di malam hari

Sakit kepala pagi juga bisa menjadi tanda bahwa Anda menggemeretakkan gigi di malam hari. Menggeretakkan gigi dapat menciptakan tekanan pada sendi temporomandibular (TMJ) Anda, yang menghubungkan rahang bawah ke tengkorak di depan telinga Anda. Ini menyebabkan ketegangan, yang bisa memicu sakit kepala. Ini juga bisa menyebabkan nyeri rahang di pagi hari.

5. Menunjukkan gejala yang serius

Dalam kasus yang sangat jarang terjadi, sakit kepala di pagi hari dapat disebabkan oleh beberapa kondisi kesehatan yang mendasarinya. Bisa jadi karena peningkatan tekanan akibat tumor otak. Jika tumor membengkak, dapat meningkatkan tekanan di otak dan dapat menyebabkan sakit kepala beberapa kali dalam sehari.

Namun, jangan mengevaluasi situasi Anda sendiri secara berlebihan. Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda sering menyaksikan sakit kepala di pagi hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro