Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sering Sakit Kepala, Awas Ini Gejala Penyakit Serius yang Perlu Diketahui

Ada beberapa orang yang sering mengalami sakit kepala dadakan di pagi hari. Mayoritas, dari mereka akan berkata itu disebabkan insomnia, tetapi itu menjadi alarm penting.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 04 Januari 2021  |  07:34 WIB
Sakit kepala karena migrain dan insomnia menyebabkan gangguan aktivitas - boldsky.com
Sakit kepala karena migrain dan insomnia menyebabkan gangguan aktivitas - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA - Sakit kepala bisa merusak seluruh jadwal dan kegiatan Anda di pagi hari. Kepala yang berdenyut hingga kehilangan keseimbangan bisa membuat Anda kesal dan harus istirahat.

Setiap orang pasti pernah mengalami sakit kepala di pagi hari. Namun, jika Anda cukup sering mengalaminya, maka ada beberapa alasan mendasar yang mungkin Anda abaikan. 

Berikut 5 hal yang mungkin bisa memicu sakit kepala di pagi hari, seperti dilansir dari laman Times of India:

1. Insomnia

Penyebab paling umum dari sakit kepala pagi adalah insomnia atau sulit tidur. Bahkan setelah tidur selama tujuh hingga delapan jam di malam hari, jika Anda tidak merasa segar dan cukup istirahat di pagi hari itu berarti Anda tidak mendapatkan tidur yang berkualitas.

Untuk mencegah sakit kepala, pertama-tama Anda harus menemukan akar penyebab masalahnya dan untuk itu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda.

2. Menderita migrain

Sakit kepala di pagi hari sering disebabkan oleh migrain. Penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan orang menderita migrain di pagi atau malam hari. Umumnya, ini terjadi pada kerangka waktu yang sama. Jadi, ada kemungkinan besar bahwa sakit kepala di pagi hari Anda sebenarnya adalah migrain. Migrain dapat dipicu karena banyak hal dan Anda hanya perlu mengelolanya.

3. Otot Anda mungkin tegang

Sakit kepala pagi hari mungkin karena otot tegang di leher, yang bisa disebabkan oleh bantal yang Anda gunakan atau posisi tidur Anda. Bantal menopang leher dan tulang belakang. Untuk itu, Anda perlu menggunakan jenis bantal yang tepat. Bantal yang empuk bisa menimbulkan masalah. Jadi, periksalah bantal dan posisi tidur Anda.

4. Menggemeretakkan gigi di malam hari

Sakit kepala pagi juga bisa menjadi tanda bahwa Anda menggemeretakkan gigi di malam hari. Menggeretakkan gigi dapat menciptakan tekanan pada sendi temporomandibular (TMJ) Anda, yang menghubungkan rahang bawah ke tengkorak di depan telinga Anda. Ini menyebabkan ketegangan, yang bisa memicu sakit kepala. Ini juga bisa menyebabkan nyeri rahang di pagi hari.

5. Menunjukkan gejala yang serius

Dalam kasus yang sangat jarang terjadi, sakit kepala di pagi hari dapat disebabkan oleh beberapa kondisi kesehatan yang mendasarinya. Bisa jadi karena peningkatan tekanan akibat tumor otak. Jika tumor membengkak, dapat meningkatkan tekanan di otak dan dapat menyebabkan sakit kepala beberapa kali dalam sehari.

Namun, jangan mengevaluasi situasi Anda sendiri secara berlebihan. Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda sering menyaksikan sakit kepala di pagi hari.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips sehat sakit sakit kepala

Sumber : Tempo.co

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top