Garam/Urbancultivator
Health

Begini Cara Mengendalikan Asupan Garam

Desyinta Nuraini
Kamis, 7 Januari 2021 - 21:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Natrium memiliki peranan penting yang dibutuhkan tubuh sebagai zat gizi esensial untuk mewujudkan hidup sehat, kuat, dan aktif. Namun kelebihan maupun kekurangan natrium berisiko menjadi gangguan kesehatan.

Jika kelebihan, efek yang timbul risiko berbagai penyakit degeneratif seperti hipertensi, stroke, dan gagal jantung. Sementara apabila kekurangan, maka efeknya adalah gangguan fungsi otot dan saraf hingga gangguan kontrol gula darah.

President Federation of Asian Nutrition Societies Hardinsyah mengatakan ada beberapa cara untuk mengendalikan asupan garam yang sesuai dengan kebiasaan atau pola konsumsi masyarakat Indonesia.

Tak bisa dipungkiri, kebiasaan masyarakat Indonesia dalam membuat masakan memang banyak menggunakan bumbu dan rempah yang memiliki cita rasa tinggi, sedangkan dalam berbagai bumbu dan rempah itu juga sudah cukup banyak terkandung natrium.

"Nah cara yang sesuai jika masakan kita sudah banyak menggunakan berbagai bumbu rempah adalah dengan hanya manambahkan garam dapur dalam jumlah yang sedikit sekali," ujarnya dalam webinar yang digelar PT. Ajinomoto Indonesia, Kamis (7/1/2021).

Dia menjelaskan jika ingin makanan yang dikonsumsi memiliki cita rasa yang tinggi, namun juga ingin diet rendah garam, bumbu umami seperti MSG bisa dijadikan solusi.

"Banyak penelitian di luar negeri seperti di Jepang, menunjukkan bahwa penggunaan MSG bisa menjadi strategi diet rendah garam. Sebab, kandungan natrium dalam MSG hanya 1/3 dari kandungan natrium pada garam dapur biasa," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro