Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Begini Cara Mengendalikan Asupan Garam

Jika kelebihan, efek yang timbul risiko berbagai penyakit degeneratif seperti hipertensi, stroke, dan gagal jantung.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 07 Januari 2021  |  21:27 WIB
Garam - Urbancultivator
Garam - Urbancultivator

Bisnis.com, JAKARTA - Natrium memiliki peranan penting yang dibutuhkan tubuh sebagai zat gizi esensial untuk mewujudkan hidup sehat, kuat, dan aktif. Namun kelebihan maupun kekurangan natrium berisiko menjadi gangguan kesehatan.

Jika kelebihan, efek yang timbul risiko berbagai penyakit degeneratif seperti hipertensi, stroke, dan gagal jantung. Sementara apabila kekurangan, maka efeknya adalah gangguan fungsi otot dan saraf hingga gangguan kontrol gula darah.

President Federation of Asian Nutrition Societies Hardinsyah mengatakan ada beberapa cara untuk mengendalikan asupan garam yang sesuai dengan kebiasaan atau pola konsumsi masyarakat Indonesia.

Tak bisa dipungkiri, kebiasaan masyarakat Indonesia dalam membuat masakan memang banyak menggunakan bumbu dan rempah yang memiliki cita rasa tinggi, sedangkan dalam berbagai bumbu dan rempah itu juga sudah cukup banyak terkandung natrium.

"Nah cara yang sesuai jika masakan kita sudah banyak menggunakan berbagai bumbu rempah adalah dengan hanya manambahkan garam dapur dalam jumlah yang sedikit sekali," ujarnya dalam webinar yang digelar PT. Ajinomoto Indonesia, Kamis (7/1/2021).

Dia menjelaskan jika ingin makanan yang dikonsumsi memiliki cita rasa yang tinggi, namun juga ingin diet rendah garam, bumbu umami seperti MSG bisa dijadikan solusi.

"Banyak penelitian di luar negeri seperti di Jepang, menunjukkan bahwa penggunaan MSG bisa menjadi strategi diet rendah garam. Sebab, kandungan natrium dalam MSG hanya 1/3 dari kandungan natrium pada garam dapur biasa," jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

garam hipertensi
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top