Sayur brokoli memiliki banyak nutrisi dan cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2./ilustrasi
Health

Kaya Nutrisi, Ini Manfaat Brokoli Bagi Penderita Diabetes

Desyinta Nuraini
Jumat, 8 Januari 2021 - 14:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk menjalani hidup yang panjang dan sehat, sangat penting memasukkan lebih banyak sayuran ke dalam makanan Anda, terutama saat Anda menderita kondisi kronis seperti diabetes.

Sayuran dikemas dengan vitamin dan mineral yang dapat menangkis gejala kondisi kronis ini dan dengan mudah mengatur kadar gula darah Anda. Dari semua jenis sayuran, ada satu yang terbukti lebih efektif untuk penderita diabetes tipe 2, yakni brokoli.

Melansir Times of India, Jumat (8/1/2021), studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Sahlgrenska Academy, University of Gothenburg, dan Fakultas Kedokteran di Lund University di Swedia menemukan bahwa ekstrak brokoli bisa cukup efektif dalam mengelola gejala diabetes tipe 2. Hal ini terutama disebabkan oleh adanya senyawa antioksidan yang disebut sulforaphane.

Untuk penelitian tersebut, para peneliti memberikan ekstrak sulforaphane kepada tikus yang mengidap diabetes pada percobaan tahap pertama. Ditemukan bahwa sulforaphane mengurangi produksi glukosa di sel hati, menurunkan glukosa darah puasa dan hemoglobin terglikasi.

Selain itu, juga mengurangi produksi glukosa yang berlebihan dan intoleransi glukosa dengan besaran yang mirip dengan metformin, yang merupakan obat diabetes yang diresepkan.

Pada fase kedua, para peneliti memberikan ekstrak brokoli pekat kepada 97 partisipan yang menderita diabetes tipe 2 selama 12 minggu. Mereka kemudian membandingkan hasilnya dengan peserta diabetes yang diberi resep plasebo.

Bahkan dalam percobaan ini, diamati bahwa ekstrak sulforaphane dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah. Penemuan ini dianggap penting karena metformin diketahui menyebabkan masalah terkait perut dan juga tidak diresepkan untuk mereka yang menderita masalah terkait ginjal.

Brokoli adalah salah satu sayuran padat nutrisi. Itu dikemas dengan manfaat serat, vitamin C, vitamin K, zat besi, protein, dan kalium. Setengah cangkir brokoli yang dimasak hanya mengandung 27 kalori dan 3 gram karbohidrat, yang menjadikannya pilihan yang disukai bagi orang yang menderita diabetes dan berat badannya turun.

Bagian terbaiknya adalah sayuran hijau dapat dinikmati baik mentah maupun dimasak. Selain itu, brokoli juga merupakan sumber dua antioksidan penting yakni lutein dan zeaxanthin, yang dapat membantu mencegah penyakit mata.

Sementara itu, semua penderita diabetes perlu ekstra hati-hati tentang jenis makanan yang mereka konsumsi. Rendah kalori, kaya serat, dan dikemas dengan nutrisi sehat, mereka adalah pilihan makanan terbaik untuk pasien diabetes. Hanya sayuran bertepung yang mereka butuhkan untuk berhati-hati karena dapat meningkatkan kadar gula darah dalam waktu singkat.

Beberapa sayuran terbaik lainnya untuk penderita diabetes adalah kol bunga, capsicum, wortel, bayam, jamur, kacang hijau, dan terong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro