Tata cara memakai masker baik dan benar/ Freepik
Health

Untung Rugi Pakai Masker Rangkap Dua

Syaiful Millah
Kamis, 21 Januari 2021 - 10:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menggunakan masker telah dinyatakan oleh para ahli dapat menghambat penyebaran tetesan virus. Terkait hal ini, ada banyak pertanyaan tentang apakah menggunakan dua masker sekaligus dapat meningkatkan perlindungan?

Dilansir dari Fox News, Kamis (21/1) Dean Winslow, pakar penyakit menular dari Stanford Health Care mengatakan tidak ada data yang mendukung atau menyangkal gagasan bahwa memakai dua masker akan memberikan perlindungan lebih.

Hal senada diungkapkan oleh Neysa Ernst dari Johns Hopkins University. Akan tetapi, dia menyatakan bahwa bukti anekdotal menunjukkan lapisan tambahan dapat menawarkan keamanan psikologis bagi beberapa orang.

Sementara itu, menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), masker harus memiliki dua lapisan kain yang masih memungkinkan untuk bernapas. Selain itu, bentuknya pas untuk menutupi bagian hidung dan mulut.

Oleh sebab itu, Frank Esper, spesialis penyakit menular pediatrik di Cleveland Clinic Children’s mengatakan jika masker yang digunakan sudah memiliki banyak lapisan, maka tidak perlu lagi menggunakan dua masker atau lebih.

“Meskipun menggandakan masker mungkin tidak menggandakan perlindungan, tapi itu juga tidak akan menyakiti Anda,” katanya.

Pendapat lain disampaikan oleh seorang ahli di California. Paula Cannon, profesor mikrobiologi molekuler dan imunologi di Keck School of Medicine University of Southern California (USC) mengatakan satu masker yang terbuat dari bahan sesuai dan digunakan dengan tepat dapat menawarkan perlindungan yang cukup.

Namun, lanjutnya, memakai dua masker bisa memberikan perlindungan tambahan. Menurutnya, masker kedua bisa membuat segel lebih rapat di sekitar wajah dan membantu mengamankan masker agar tidak tergelincir.

Dave Hnida, dokter dan editor medis juga mengatakan bahwa dua masker dapat menciptakan lebih banyak jalur rintangan untuk partikel virus dalam upaya rute dari udara, masuk ke dalam tubuh, lalu ke paru-paru.

Dia mengatakan hal ini telah didukung oleh penelitian bahwa dua masker ternyata lebih baik daripada hanya satu. Secara khusus apa yang dikatakan adalah bahwa dua masker memberikan perlindungan yang mirip dengan yang didapatkan dari masker N-95.

Di sisi lain, para ahli juga setuju bahwa terlalu banyak lapisan dapat menimbulkan risiko kesulitan bernapas. CDC secara khusus juga merekomendasikan untuk tidak memakai masker dengan kain vinyl karena alasan tertentu.

Satu hal lain yang penting untuk diingat, selain penggunaan masker, pakar kesehatan juga terus mengimbau agar masyarakat menjaga jarak fisik yang tepat, menjaga kebersihan tangan, dan menghindari keramaian untuk mengurangi penyebaran virus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro