Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Agar Persahabatan Semakin Erat

Jangan hanya membicarakan diri sendiri atau melakukan hal-hal yang ingin Anda lakukan saat bersama. Pedulilah dengan apa yang terjadi dalam hidup sahabat Anda.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 26 Januari 2021  |  14:15 WIB
Persahabatan bisa dijaga dengan menjalin komunikasi dan saling mendukung./Ilustrasi - newsread.in
Persahabatan bisa dijaga dengan menjalin komunikasi dan saling mendukung./Ilustrasi - newsread.in

Bisnis.com, JAKARTA - Persahabatan yang solid sama berharganya dengan hubungan. Apabila tak bisa dijaga dengan baik, relasi itu sewaktu-waktu akan retak.

Selama ini mungkin kita semua fokus pada bagaimana membuat hubungan romantis dan bertahan lama, tetapi bagaimana dengan persahabatan?

Melansir Bolde, Selasa (26/1/2021), berikut adalah beberapa tips untuk mempertahankan relasi atau persahabatan yang langgeng:

1. Menghormati setiap perbedaan dan pendapat

Setiap orang memandang sesuatu secara berbeda, jadi Anda tidak akan pernah setuju 100 persen dengan teman setiap saat. Jika bisa saling menghormati, kemungkinan besar Anda akan bisa menjaga persahabatan yang sehat.

2. Mampu cari solusi

Anda akan mengalami masalah sesekali, itu tidak bisa dihindari, terutama jika sudah berteman lama dengan seseorang.

Anda harus bisa berkompromi dan menemukan cara untuk melewati pertengkaran jika ingin persahabatan itu bertahan lama. Kecuali jika pertemanan itu kasar, kesampingkan ego Anda dan lupakan hal-hal kecil.

3. Mau meminta maaf

Jika teman Anda marah kepada, akui kesalahan Anda dan meminta maaf. Jika tidak, bisa menimbulkan kebencian. Ketegangan akan menumpuk dan akhirnya akan meledak, membuat persahabatan Anda semakin sulit pulih.

4. Tunjukkan apresiasi

Jika teman menjagamu saat terlalu banyak minum atau membantu bergerak saat tidak ada orang lain yang mau, tunjukkan bahwa Anda bersyukur. Meskipun mereka hanya ada untuk Anda ajak bicara, beri tahu mereka bahwa Anda menghargai persahabatan itu.

Menunjukkan kepada teman bahwa Anda menghargai mereka adalah segalanya. Jika Anda menerima begitu saja dan tidak memelihara persahabatan, Anda dapat dengan mudah kehilangan mereka.

5. Luangkan waktu

Hal-hal lain dalam hidup mungkin menjadi prioritas, misalnya, keluarga atau pekerjaan, tetapi Anda juga harus selalu menyediakan waktu untuk teman-teman Anda, begitu pula sebaliknya.

Tidak ada yang lebih buruk dari persahabatan sepihak. Itu bisa menyebabkan orang yang memberikan usaha paling banyak akhirnya menyerah berusaha keras.

6. Dukung di waktu sulit

Ini berarti selalu ada untuk teman-teman tidak peduli apa yang mereka alami, bahkan jika Anda hanya menyediakan bahu untuk bersandar atau seseorang untuk dicurahkan. Anda bukan teman yang baik jika Anda hanya berada di sana pada saat yang tepat. Teman harus bisa bergantung satu sama lain.

7. Rayakan hari bahagia

Sekalipun masa-masa sulit mungkin, Anda juga harus berada di sana untuk acara-acara bahagia. Berada di sana untuk teman-teman Anda ketika mereka lulus, menerima promosi pekerjaan, menikah, memiliki bayi, dan semua yang lainnya.

Anda tidak harus berada di sana untuk segalanya, tetapi jika Anda tahu ada sesuatu yang penting bagi teman, berusahalah sebaik mungkin untuk menunjukkan bahwa Anda juga bahagia untuknya. Jika tidak, mereka akan berpikir Anda tidak peduli dan tidak ingin tetap berteman dengan Anda.

8. Jalin komunikasi yang baik

Layaknya sebuah hubungan romantis, kamu harus bisa berkomunikasi secara terbuka dengan teman-temanmu agar kamu senada.

Ini akan menjaga koneksi dan membantu Anda memahami satu sama lain. Bicarakan tentang perasaan, frustrasi, dan segala hal lainnya dan Anda akan memiliki dasar yang kokoh yang akan bertahan lama.

9. Menghadapi kehidupan

Anda mungkin tidak bergaul sesering dulu karena hidup Anda telah mengambil jalan yang berbeda, atau Anda telah pindah jauh dari satu sama lain, tetapi itu tidak berarti bahwa ketika Anda memiliki kesempatan untuk berbicara atau bergaul, itu tidak terlalu berarti.

Jika Anda berdua dapat memahami hal ini dan dapat melanjutkan tepat di tempat Anda tinggalkan saat bertemu, Anda akan dapat tetap berteman untuk jangka panjang.

10. Setia

Jika teman memberi tahu sebuah rahasia, Anda harus bisa dipercaya dan menepati janji. Anda juga harus membela teman-teman Anda dan tidak berbicara di belakang mereka.

Jika Anda memiliki masalah, ceritakan ke teman Anda. Percayalah bahwa Anda akan selalu ada untuk satu sama lain.

11. Jangan ada penilaian

Jika teman Anda membuat pilihan hidup yang meragukan (seperti berkencan dengan seseorang yang menurut Anda tidak cukup baik), jangan beri tahu teman Anda bahwa dia salah atau bodoh. Berada di sana untuk mendukung dan membimbing mereka. Terimalah orang itu apa adanya.

12. Anda tidak harus sendiri

Ini mungkin yang paling penting. Jelas Anda perlu menjadikan hidup Anda sendiri sebagai prioritas, tetapi itu tidak selalu tentang persahabatan.

Misalnya, jangan hanya membicarakan diri sendiri atau melakukan hal-hal yang ingin Anda lakukan saat bersama. Peduli dengan apa yang terjadi dalam hidup mereka dan apa yang diinginkan orang lain.

Jadilah pendengar yang baik, yang harus Anda lakukan adalah menunjukkan bahwa Anda berinvestasi dalam kehidupan teman Anda dan akan memiliki persahabatan yang langgeng.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

persahabatan tips bahagia
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top