Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ayah dan Bunda, Jangan Lupa Bersihkan Rumah Agar Anak-anak Tetap Sehat

Tetapi para orang tua tetap harus hati-hati dan terus menjaga kebersihan rumah karena bakteri dan virus tetap menjadi ancaman kesehatan tidak terlihat yang bisa membuat anak-anak terjangkit penyakit.
Andhika Anggoro Wening
Andhika Anggoro Wening - Bisnis.com 28 Januari 2021  |  12:16 WIB
Anak bermain bersama orangtua selama pandemi virus corona (Covid/19)
Anak bermain bersama orangtua selama pandemi virus corona (Covid/19)

Bisnis.com, JAKARTA - Selama pandemi virus corona, ruang lingkup bermain anak-anak menjadi sedikit. Bahkan banyak orang tua yang tidak membolehkan anaknya keluar rumah agar terhindar dari Covid-19.

Tetapi para orang tua tetap harus hati-hati dan terus menjaga kebersihan rumah karena bakteri dan virus tetap menjadi ancaman kesehatan tidak terlihat yang bisa membuat anak-anak terjangkit penyakit.

"Meski di dalam rumah, apalagi kalau ruangan tertutup, bakteri dan virus bisa menempel di mana-mana mulai dari peralatan rumah tangga sampai dinding yang jadi area eksplorasi anak," kata Dokter spesialis anak dr Lucy Amelia, Sp.A, M.kes.

dr Lucy juga menyarankan agar orang tua terus memperhatikan perkembangan, asupan nutrisi, stimulasi, faktor lingkungan dalam proses tumbuh kembang anak-anak.

Sebaiknya, rumah termasuk area anak banyak menghabiskan waktu, dibersihkan setidaknya sehari satu kali.

"Bersihkan semua area sampai ke sudut-sudut karena di sana terdapat bakteri, virus, debu bahkan tungau. Apalagi kalau di rumah ada yang memiliki riwayat atopi atau ada alergi karena bisa merangsang alergi," kata dr Lucy.

Jika perlu, area bisa diberi disinfektan. Saat pandemi, sebaiknya rumah diberi sirkulasi udara yang cukup, ventilasi udara dibiarkan terbuka dan diusahakan rumah terpapar sinar matahari. Sejumlah virus dan bakteri yang biasa bersarang di perabotan dan dinding di antaranya adalah virus-virus saluran pernapasan yang sering menyebabkan ISPA.

"Selain itu ada rotavirus, streptococcus, salmonella penyebab diare dan juga jamur kalau terlalu sering dihirup bisa menyebabkan infeksi."

Dr Lucy mengingatkan, meski di dalam rumah agar tetap menjalankan protokol kesehatan. Selain itu tetap harus aktif bergerak dan berolah raga.



#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top