Anak bermain bersama orangtua selama pandemi virus corona (Covid-19)
Health

Ayah dan Bunda, Jangan Lupa Bersihkan Rumah Agar Anak-anak Tetap Sehat

Andhika Anggoro Wening
Kamis, 28 Januari 2021 - 12:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selama pandemi virus corona, ruang lingkup bermain anak-anak menjadi sedikit. Bahkan banyak orang tua yang tidak membolehkan anaknya keluar rumah agar terhindar dari Covid-19.

Tetapi para orang tua tetap harus hati-hati dan terus menjaga kebersihan rumah karena bakteri dan virus tetap menjadi ancaman kesehatan tidak terlihat yang bisa membuat anak-anak terjangkit penyakit.

"Meski di dalam rumah, apalagi kalau ruangan tertutup, bakteri dan virus bisa menempel di mana-mana mulai dari peralatan rumah tangga sampai dinding yang jadi area eksplorasi anak," kata Dokter spesialis anak dr Lucy Amelia, Sp.A, M.kes.

dr Lucy juga menyarankan agar orang tua terus memperhatikan perkembangan, asupan nutrisi, stimulasi, faktor lingkungan dalam proses tumbuh kembang anak-anak.

Sebaiknya, rumah termasuk area anak banyak menghabiskan waktu, dibersihkan setidaknya sehari satu kali.

"Bersihkan semua area sampai ke sudut-sudut karena di sana terdapat bakteri, virus, debu bahkan tungau. Apalagi kalau di rumah ada yang memiliki riwayat atopi atau ada alergi karena bisa merangsang alergi," kata dr Lucy.

Jika perlu, area bisa diberi disinfektan. Saat pandemi, sebaiknya rumah diberi sirkulasi udara yang cukup, ventilasi udara dibiarkan terbuka dan diusahakan rumah terpapar sinar matahari. Sejumlah virus dan bakteri yang biasa bersarang di perabotan dan dinding di antaranya adalah virus-virus saluran pernapasan yang sering menyebabkan ISPA.

"Selain itu ada rotavirus, streptococcus, salmonella penyebab diare dan juga jamur kalau terlalu sering dihirup bisa menyebabkan infeksi."

Dr Lucy mengingatkan, meski di dalam rumah agar tetap menjalankan protokol kesehatan. Selain itu tetap harus aktif bergerak dan berolah raga.



#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro