Hidup sederhana akan menjauhkan Anda dari rasa khawatir akan kekurangan uang dan lebih menciptakan keakraban di dalam keluarga./ilustrasi
Relationship

9 Manfaat Menjalani Hidup Sederhana

Novita Sari Simamora
Jumat, 29 Januari 2021 - 19:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tidak perlu merasa malu saat menjalani hidup dengan sederhana. Tak perlu malu bila tidak ikutan nongkrong di cafe ternama dan tidak upload foto Instagram terbaru.

Mengutip dari Your Tango, Jumat (29/1/2021), ada banyak manfaat untuk membuat hidup lebih sederhana, yakni:

1. Anda dapat dengan mudah mengumpulkan dana darurat. Jika pemanas air rusak, maka Anda dapat menggantinya tanpa harus berutang.

2. Anda akan memberikan contoh yang tepat untuk anak-anak Anda. Anda dapat memberi tahu anak-anak sepanjang hari untuk tidak materialistis, menghindari utang, menghemat dan mendaur ulang, menabung untuk masa depan.

3. Kemungkinan besar Anda akan mampu membiayai kuliah. Jika anak-anak Anda memilih untuk kuliah di perguruan tinggi empat tahun maka  Anda dapat memberikan pendidikan yang layak kepada anak-anak Anda tanpa harus utang besar.

4. Jika pensiun suatu hari nanti maka Anda juga bisa hidup sederhana atau juga memilih untuk tetap bekerja dan membuka usaha. Kemakmuran sejati adalah tentang kebebasan untuk melakukan apa yang Anda inginkan.

5. Selama pandemi, kita bisa menghabiskan waktu dengan mengenal komunitas Anda atau menjelajahi taman lokal, perpustakaan, dan atraksi lain yang dekat dengan rumah. Hal ini, pada gilirannya, dapat membuat kita menjadi warga negara yang lebih terlibat dan terlibat.

6. Lebih banyak menghabiskan banyak waktu dengan keluarga tanpa ada kekhawatiran biaya yang mahal. Anda juga bisa naik sepeda di sekitar rumah atau menjadi sukarelawan di dapur umum atau penampungan hewan bersama.

7. Anda akan menemukan rasa damai yang baru. Tanyakan siapa saja yang sudah mulai mengendalikan uang mereka daripada membiarkan uang mengendalikan mereka.

8. Anda akan menjadi lebih perhatian dan bersyukur. Konsumerisme menciptakan keinginan untuk lebih, lebih, lebih banyak.

9. Anda akan menjadi lebih murah hati dan memberi. Semakin sedikit yang Anda belanjakan untuk diri sendiri, semakin banyak Anda bebas untuk membelanjakannya untuk orang lain. Dan saat itu, cara Anda melihat dunia berubah, Anda pasti ingin memberi.

Akan muncul perasaan senang untuk membantu dan bahkan lebih baik lagi melihat anak-anak Anda menemukan kegembiraan dari kepedulian dan berbagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro