Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ibu-ibu Pegang Peran Besar Kurangi Penularan Covid-19, Ini Buktinya! 

Ibu berperan sebagai pemantau, pengingat dan contoh teladan pembudayaan menerapkan PHBS (pola hidup bersih dan sehat) dan 3M (menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan).
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 01 Februari 2021  |  14:36 WIB
Kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) memberikan vaksin imunisasi kepada balita di Posyandu Kunir, Desa Sukaurip, Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (10/8/2020). Pemerintah mulai mengaktifkan kembali posyandu desa yang sempat terhenti sejak pandemi COVID-19 dengan memperketat protokol kesehatan dan menyesuaikan kondisi Adaptasi Kebiasaan Baru. ANTARA FOTO - Dedhez Anggara
Kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) memberikan vaksin imunisasi kepada balita di Posyandu Kunir, Desa Sukaurip, Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (10/8/2020). Pemerintah mulai mengaktifkan kembali posyandu desa yang sempat terhenti sejak pandemi COVID-19 dengan memperketat protokol kesehatan dan menyesuaikan kondisi Adaptasi Kebiasaan Baru. ANTARA FOTO - Dedhez Anggara

Bisnis.com, JAKARTA - Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Kesehatan Ida Budi Gunadi Sadikin mengatakan kaum ibu memiliki peranan besar untuk mengurangi penularan virus Covid-19.

Menurutnya, keluarga merupakan wadah berkumpulnya anggota sekaligus unit terkecil di masyarakat. Dalam fungsinya, keluarga dapat saling memantau kondisi setiap anggota keluarga untuk mengetahui jika ada yang bergejala terpapar Covid-19 atau tidak. Hal tersebut ia sampaikan pada sambutannya dalam Webinar Vaksinasi COVID-19 yang digelar oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP), Senin (1/2).

“Ibu berperan sebagai pemantau, pengingat dan contoh teladan pembudayaan menerapkan PHBS [pola hidup bersih dan sehat] dan 3M [menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan] agar terhindar dari penularan Covid-19,” tutur Ida seperti dikutip dalam siaran pers, Senin (1/2/2021).

Dia menuturkan ibu juga memiliki peran strategis untuk memberikan informasi yang benar bagi masyarakat, khususnya pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Ida mengaku selama ini telah bermitra dengan pemerintah setempat dalam memberikan edukasi kesehatan hingga ke akar rumput.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan strategi mengatasi pandemi Covid-19 yakni dengan mengurangi laju penularan virus SARS-CoV-2. Di sini, terdapat dua peran penting yang bisa dilakukan oleh Ibu.

“Ada dua pesan saya, yang pertama mendisiplinkan keluarga, disiplinkan masyarakat, disiplinkan tetangga untuk rajin mencuci tangan dan menghindari kerumunan,” ucap Menkes.

Kedua, dia berharap para ibu bisa tanggap ketika ada warga yang positif Covid-19. Untuk bisa mengurangi laju penularan dari virus COVID-19, seluruh elemen masyarkat harus bisa mengidentifikasi cepat, yakni dengan mengecek siapa-siapa saja yang pernah kontak langsung dengan pasien positif Covid-19 serta segera melakukan isolasi.

Dia berharap orang terdekatnya tidak merasa terganggu ketika ada pasien yang tertular Covid-19. Sesudah menemukan orang konfirmasi positif diharapkan mereka bisa diisolasi dengan maksimal.

“Butuh bantuan ibu-ibu untuk memastikan bahwa masyarakat bisa menerima dan membantu karantina mereka. Yang penting, virus Covid-19 tidak terekspos ke keluarga-keluarga yang lain agar penularannya bisa kita cegah,” ucap Budi.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menkes Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top