Lambang WHO di pintu utama kantor pusatnya di Jenewa, Swiss/ Bloomberg-Stefan Wermuth
Health

Tim Penyelidik Asal Usul Covid-19 WHO Kunjungi Fasilitas Kesehatan Hewan di China

Syaiful Millah
Selasa, 2 Februari 2021 - 14:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tim penyelidik yang dipimpin oleh World Health Organization (WHO) tiba pada hari ini di fasilitas kesehatan hewan di pusat kota Wuhan, China untuk mencari petunjuk tentang asal usul virus corona penyebab pandemi Covid-19.

Hingga kini, tim independen itu telah mengunjung rumah sakit utama, pusat pengendalian penyakit regional, dan pasar makanan laut Huanan di kota itu, tempat kelompok infeksi pertama berasal pada akhir 2019.

Dilansir dari Channel News Asia, Selasa (2/2) Peter Daszak, President EcoHealth Alliance yang merupakan salah satu anggota tim mengatakan bahwa perjalanan yang berlangsung dalam penelitian ini berjalan dengan lancar. “Sangat baik, luar biasa) katanya.

Pusat di provinsi Hubei yang memerangi penyakit epidemi pada hewan, dapat memberikan informasi tentang bagaimana endemik virus corona pada kelelawar tapal kuda di China barat daya mungkin telah menyebar ke manusia, bisa jadi melalui spesies perantara.

Peter Ben Embarek, pakar utama WHO untuk penyakit zoonosis atau penyakit yang berasal dari hewan, termasuk di antara anggota tim. Dia terlihat mengenakan setelah putih dengan alat pelindung diri lengkap di dalam gedung pusat fasilitas kesehatan hewan.

Sehari sebelumnya, Senin, pejabat kedaruratan WHO Mike Ryan mengatakan penyelidikan mungkin tidak menemukan semua jawaban atas asal-usul Covid-19. Dia menggambarkan misi itu sebagai upaya yang terus menimbulkan pertanyaan baru.

Dia juga mengkritik beberapa pihak yang mengatakan tidak bakal menerima temuan tim. “Ini pantas mendapat dukungan dari komunitas internasional dan pantas untuk dapat menyelesaikan pekerjaannya,” imbuh Ryan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro