Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tren Konsumsi Serat Meningkat Selama Pandemi Corona, Ini Manfaatnya

Ada beragam manfaat konsumsi serta, yakni pertama untuk menormalkan gerakan usus. Serat makanan meningkatkan berat dan ukuran feses Anda dan melembutkannya. 
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 24 Februari 2021  |  18:36 WIB
Makanan berserat - boldsky.com
Makanan berserat - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA - Ada banyak manfaat konsumsi serat untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari mayoclinic.org, ada beragam manfaat konsumsi serta, yakni pertama untuk menormalkan gerakan usus. Serat makanan meningkatkan berat dan ukuran feses Anda dan melembutkannya. 

Kedua, membantu menjaga kesehatan usus. Diet tinggi serat dapat menurunkan risiko terkena wasir dan kantong kecil di usus besar (penyakit divertikular). Studi juga menemukan bahwa diet tinggi serat kemungkinan menurunkan risiko kanker kolorektal. 

Ketiga, menurunkan kadar kolesterol. Serat larut yang ditemukan dalam kacang-kacangan, oat, biji rami dan dedak gandum dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total darah dengan menurunkan lipoprotein densitas rendah, atau kadar kolesterol "jahat". Penelitian juga menunjukkan bahwa makanan berserat tinggi mungkin memiliki manfaat kesehatan jantung lainnya, seperti mengurangi tekanan darah dan peradangan.

Keempat, membantu mengontrol kadar gula darah. Pada penderita diabetes, serat - terutama serat larut - dapat memperlambat penyerapan gula dan membantu meningkatkan kadar gula darah. Pola makan sehat yang mengandung serat tidak larut juga dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Terakhir, membantu mencapai berat badan yang sehat. Makanan berserat tinggi cenderung lebih mengenyangkan daripada makanan rendah serat, jadi Anda cenderung makan lebih sedikit dan tetap kenyang lebih lama. Dan makanan berserat tinggi cenderung membutuhkan waktu lebih lama untuk dimakan dan menjadi lebih sedikit "padat energi", yang berarti mereka memiliki lebih sedikit kalori untuk volume makanan yang sama.

Nourmatania Istiftiani SKM selaku Scientific FibreFirst mengatakan saat ini tren konsumsi serat belakangan juga sedang popular karena masyarakat sudah mulai sadar akan pentingnya kesehatan pencernaan agar imunitas tubuh jadi kuat dan terlindung dari virus serta penyakit.

"Terlebih dengan kondisi global saat ini memang sangat diperlukan imunitas tubuh yang benar-benar kuat dalam menekan tingkat penularan COVID-19,” katanya dalam keterangan tertulisnya. 

Nourmatania memaparkan FibreFirst sendiri pada dasarnya adalah suplemen serat yang berfokus pada kesehatan pencernaan dengan kandungan serat premium dan ekstrak nutrisi dari buah dan sayuran. Slimming merupakan manfaat lain dari FibreFirst yang didapatkan dari detoksifikasi optimal, yang juga berarti konsumen Watsons Indonesia selama ini dalam mengonsumsi FibreFirst mendapatkan manfaat utamanya yaitu membuat pencernaan sehat dan imunitas kuat.

Dia juga menambahkan FibreFirst pada akhir tahun 2020 lalu, terpilih sebagai suplemen serat  Best Slimming Product dari Watsons Indonesia dalam Health Wellness and Beauty (HWB) Awards 2020.

Benny Winata selaku CEO FibreFirst berharap, FibreFirst dan Watsons Indonesia bisa terus meningkatkan tren healthy living di Indonesia dengan produk-produk kesehatan terbaik.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan makanan berserat
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top