Klinik Apung
Health

Klinik Apung di Kepulauan Seribu Ditargetkan Jangkau 8 Pulau

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 24 Februari 2021 - 19:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kimia Farma saat ini sedang memaksimalkan aktivitas perusahaannya ke daerah kepulauan Indonesia melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang bekerja sama dengan NGO di Indonesia dalam melaksanakan Program Klinik Apung.

Klinik Apung pertama kali telah diluncurkan pada tahun 2019, dan telah berhasil menciptakan program Kawasan Sehat di daerah Desa Gili Gede Indah, Nusa Tenggara Barat. Saat ini, Klinik Apung sedang berlayar menggunakan kapal keduanya yang bekerja sama dengan Badan Wakaf Al-Quran (BWA) di daerah Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Klinik Apung Kepulauan Seribu direncanakan akan menjangkau sebanyak delapan pulau di wilayah Kepulauan Seribu melalui 4 Road Trip yang dilaksanakan sebagai assessment awal untuk membentuk program terbaik yang sesuai dengan lingkungan dan sosial di Kepulauan Seribu. Delapan pulau yang menjadi tujuan Kimia Farma diantaranya Pulau Lancang, Pulau Untung Jawa, Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Harapan (Kelapa), Pulau Pelangi, Pulau Panggang, dan Pulau Pramuka.

Setelah melakukan Road Trip pertamanya pada bulan Desember 2020 di Pulau Untung Jawa dan Pulau Lancang, Klinik Apung kembali berlayar untuk melaksanakan Road Trip kedua pada 17-19 Februari 2021 di Pulau Tidung dan Pulau Pari.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam Road Trip kedua adalah Pelayanan Kesehatan Gratis, sosialisasi terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, sosialisasi pencegahan stunting dan gizi buruk pada ibu hamil dan bayi, serta pemeriksaan rapid test. Kegiatan tersebut disambut dengan baik oleh warga di setiap pulau tempat Klinik Apung berlayar.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan Program Klinik Apung mendapatkan antusiasme yang besar dari warga. Terhitung ratusan warga penghuni pulau ikut serta dalam Pelayanan Kesehatan Gratis dan Sosialisasi yang diadakan. Namun demikian, kegiatan ini tetap menjaga ketat protokol kesehatan yang berlaku dengan menerapkan 3M (Mencuci tangan, Menjaga jarak, dan Menggunakan masker) dalam rangkaian kegiatannya.

Syahrul Hidayat selaku Ketua RW 04 di Pulau Pari menyampaikan bahwa kegiatan Bakti Sosial Klinik Apung ini sangat berguna bagi masyarakat di wilayah Kepulauan, oleh karena itu Syahrul berharap bahwa Klinik Apung bisa berlayar dengan rutin di wilayah Kepulauan Seribu ke depannya.

Lurah Pulau Tidung, Ibu Bidan Hapsyah menyampaikan dukungannya terkait Program Klinik Apung dalam pelayanan kesehatan gratis yang diadakan pada 18 Februari 2021,

“Kami sangat mendukung aktifitas ini, karena Insya Allah kegiatan ini memberikan manfaat kepada masyarakat luas, jika memungkinkan kami berharap Klinik Apung bisa lebih sering dilakukan” demikian Bidan Hapsyah dalam keterangan tertulisnya.

Direktur Umum dan Human Capital Kimia Farma, Dharma Syahputra mengatakan 
klinik Apung dirancang sebagai salah satu misi kemanusiaan Kimia Farma dalam menyehatkan masyarakat Indonesia, khususnya di masa pandemi Covid – 19.

"Selain itu, program ini dirancang sebagai implementasi dari dukungan Kimia Farma terhadap Sustainability Development Goals (SDGs) poin 3 terkait upaya peningkatan kesehatan, dan SDGs poin 2 terkait upaya mengurangi angka gizi buruk, juga SDGs poin 6 terkait sanitasi air.” Ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro