Kesehatan telinga
Health

3 Tips Cek Kesehatan Telinga Saat Pandemi Covid-19

Janlika Putri Indah Sari
Selasa, 2 Maret 2021 - 13:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Pendengaran merupakan Indra terpenting bagi manusia. Selama pandemi Covid-19, timbul stigma ketakutan di masyarakat untuk berobat ke klinik atau rumah sakit.

Prof. Dr. dr Jenny Bashiruddin, SpTHT mengatakan banyak pasien non Covid-19 terhambat untuk berobat atau mendeteksi penyakit mereka. Hal tersebut membuat penyakit pendengaran juga meningkatkan.

"Meningkatnya jumlah kasus Covid-19 membuat masyarakat takut ke rumah sakit. Padahal jika telat ditangani akan sangat berbahaya. Untuk itu masyarakat harus terus menjaga kesehatan telinga di era pandemi," kata Jenny.

Dokter spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT) tersebut membagikan tiga tips memeriksakan telinga di era pandemi seperti berikut :

1. Telekosultasi

Bila sebelumnya pasien berkonsultasi secara tatap muka. Kini bisa memanfaatkan media internet untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis. Dengan berkonsultasi virtual akan terhindar dari kontak langsung. Namun bila dirasa sudah terlalu parah, ajukan konsultasi tatap muka.

2. Buat janji dulu

Buatlah janji terlebih dahulu agar saat pemeriksaan tidak mengantri. Selain itu akan terhindar dari kerumunan.

3. Perhatikan protokol kesehatan

Menggunakan masker dan juga rajin cuci tangan agar terhindar dari penularan Covid-19 saat periksa telinga ke rumah sakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro