Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Tips Atasi Kecanduan Smartphone, Agar Kualitas Tidur Meningkat

Hasil penelitian gabungan antara peneliti King’s College London dan University of London menunjukkan penggunaan ponsel pintar pada waktu malam, terutama di atas jam satu dini hari menyumbangkan peningkatan risiko kurangnya kualitas tidur sebanyak tiga kali lipat.
Laurensia Felise
Laurensia Felise - Bisnis.com 02 Maret 2021  |  15:43 WIB
Main gadget malam hari - shuttershock.com
Main gadget malam hari - shuttershock.com

Bisnis.com, JAKARTA – Sebuah studi di Inggris menunjukkan bahwa kecanduan ponsel pintar dapat berdampak pada kualitas tidur yang kurang baik terutama bagi kalangan muda.

Dikutip dari CNN, hasil penelitian gabungan antara peneliti King’s College London dan University of London menunjukkan penggunaan ponsel pintar pada waktu malam, terutama di atas jam satu dini hari menyumbangkan peningkatan risiko kurangnya kualitas tidur sebanyak tiga kali lipat.

Ini disebabkan karena penggunaan ponsel pintar yang berlebihan dapat mengurangi durasi tidur sehingga berdampak pada kelelahan ketika bangun dan beraktivitas saat pagi hingga siang hari. Tidak hanya itu, penggunaan ponsel pintar saat mendekati jam tidur berdampak pada penundaan ritme sirkadian yang mengatur waktu bangun dan tidur pada tubuh.

Untuk mengurangi dampak dari kecanduan ponsel pintar bagi kualitas tidur Anda, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan menurut para ahli.

1. Jadwalkan Waktu Penggunaan Ponsel Pintar

Tentukan waktu untuk menggunakan ponsel pintar setiap harinya, misalnya dengan menonaktifkan ponsel ketika sedang dalam pertemuan, makan, bermain dengan anak, dan menyetir. Lakukan hal yang sama ketika hendak tidur.

2. Kurangi Aplikasi

Pengurangan jumlah aplikasi pada ponsel pintar Anda dapat membantu mengurangi kecanduan dan gunakan aplikasi yang berada di laptop untuk mempersulit akses pada aplikasi tertentu seperti media sosial.

3. Gunakan Mode Grayscale

Beberapa ahli menyarankan untuk menggunakan mode hitam putih agar menimbulkan rasa kebosanan ketika melihat layar ponsel.

4. Cari Alternatif atau Pengganti

Mencari pengganti dari penggunaan ponsel pintar sangat dibutuhkan terutama dalam mengurangi kecanduan dan meningkatkan kualitas tidur. Contohnya adalah dengan melakukan meditasi, membaca buku, dan aktivitas lainnya yang dapat mengalihkan Anda dari ponsel pintar.

5. Letakkan Ponsel Jauh dari Tempat Tidur

Kalau pun ternyata masih harus menggunakan ponsel untuk keperluan alarm, letakkan ponsel pada jarak yang jauh dari tempat tidur. Tapi sangat disarankan untuk menggunakan jam alarm untuk membantu Anda bangun.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smartphone tidur
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top