Secangkir teh hijau/istimewa
Health

Usai Suntik Vaksin Covid-19, Jangan Lupa Minum Teh Hijau. Ini Manfaatnya

Rezha Hadyan
Senin, 8 Maret 2021 - 13:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) merekomendasikan teh hijau untuk diminum setelah menerima suntikan vaksin Covid-19.

Melansir Eat This, Not That! pada Senin (8/3/2021), CDC merekomendasikan teh hijau lantaran minuman tersebut memiliki kandungan antioksidan tinggi. Minum teh hijau disebut-sebut sebagai cara terbaik untuk rehidrasi tubuh pascavaksinasi.

Seperti diketahui, penerima vaksin apapun akan mengalami kekurangan cairan atau hidrasi dalam tubuh mereka, terlebih ketika mengalami efek samping berupa demam. Teh hijau juga memiliki senyawa yang disebut catechin yang merupakan antioksidan yang sangat kuat.

Di sisi lain, CDC menyatakan bahwa teh hijau dipercaya mampu melawan Covid-19. Hal tersebut merujuk pada sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers tahun lalu.

Jurnal tersebut menunjukkan bahwa teh hijau mengandung beberapa senyawa kimia yang mampu menghambat fungsi salah satu enzim utama dalam virus SARS-CoV-2 atau virus penyebab Covid-19. Apabila enzim tersebut kehilangan fungsinya, virus tidak dapat lagi bereplikasi dan menyebar ke seluruh tubuh.

Di sisi lain, teh hijau juga menawarkan sejumlah manfaat kesehatan lain. Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau mampu mengurangi risiko kematian akibat diabetes serta memulihkan orang dari serangan jantung dan stroke.

Teh hijau juga dapat meningkatkan pembakaran lemak saat berolahraga serta meningkatkan pembakaran kalori saat istirahat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro