Instagram Reels: cara baru untuk membuat dan menemukan video pendek dan menghibur di Instagram. /about.instagram.com
Fashion

Video Instagram Reels Dapat Dibagikan Langsung ke Facebook

Syaiful Millah
Rabu, 10 Maret 2021 - 13:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Raksasa media sosial Facebook baru-baru ini meniru gaya TikTok dan meluncurkan Instagram Reels. Sekarang, perusahaan mencoba fitur yang memungkinkan pengguna Reels membagikan klip videonya di plaftorm Facebook.

Dilansir dari Gizchina, Rabu (9/3/2021), Facebook menyatakan beberapa pengguna Instagram Reel di India akan memiliki kesempatan tersebut. Facebook akan mempromosikan beberapa video Reel di informasi aplikasi utama, yang dinamai Reels on Facebook.

Pada Agustus tahun lalu, Facebook meluncurkan fungsi video pendek bernama Instagram Reel di lebih dari 50 negara dan wilayah, termasuk Amerika Serikat, India, dan Inggris untuk menantang platform video TikTok.

Seperti TikTok, Reel memungkinkan penggunanya membuat video berdurasi 15 detik berdasarkan musik atau audio. Pengguna juga dapat menambahkan efek khusus seperti menggunakan teknologi augmented reality (AR).

CEO Facebook Mark Zuckerberg sangat mementingkan kehadiran TikTok yang menjadi rival dan tantangan bagi platform-platform besutannya. Sebelumnya, dia mengatakan kepada karyawan bahwa TikTok merupakan produk internet yang benar-benar sukses di seluruh dunia.

Adapun, upaya ini merupakan contoh terbaru perusahaan mengikuti ide-ide dari rivalnya seperti TikTok dan Snapcahat. Perusahaan menggunakan cakupan jaringan sosialnya untuk mempromosikan layanan terbaru yang mereka buat.

Selain itu, Facebook juga mengintegrasikan produk lain dari Instagram. Komisi Perdagangan Federal Amerika Serikat (FTC) dan badan pengatur lainnya telah memulai tuntutan hukum antimonopoli yang berusaha mencabut akuisisi Facebook atas Instagram dan Whatsapp.

Instagram - Clubhouse

Dalam perkembangan lain, plaftorm Cbluhouse telah menjadi perhatian publik dalam beberapa waktu terakhir. Hal ini memicu kemunculan platform serupa dari perusahaan teknologi lainnya, termasuk Twitter dan Instagram.

Pengembang aplikasi Alessandro Paluzzi menyatakan bahwa Facebook sedang mengerjakan tiruan dari Clubhouse untuk diterapkan di platform Instagram, yang berada dalam satu naungan grup Facebook.

Dilaporkan bahwa Facebook sedang mengerjakan aplikasi obrolan audio ala Clubhouse di Instagram, yang bakal memiliki akses ke selebriti dan para pemengaruh (influencer).

Di sisi lain, Alessandro juga mengatakan Instagram sedang menerjakan enksripsi end to end untuk layanan obrolannya. Ini tidak ada hubungannya dengan ruang obrolan anyar, tapi Facebook belakangan menghadapi banyak masalah terkait privasi pengguna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro