Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

7 Tip Hilangkan Noda Bekas Makeup di Masker Kain

Penggunaan masker kain sangat disarankan bagi masyarakat umum di saat keterbatasan jumlah masker bedah bagi para tenaga kesehatan beberapa waktu lalu. Sejak inilah, penggunaan masker kain semakin populer dengan berbagai variasi model, bahan, dan warna.
Laurensia Felise
Laurensia Felise - Bisnis.com 22 Maret 2021  |  20:45 WIB
penggunaan masker kain semakin populer dengan berbagai variasi model, bahan, dan warna.  - ANtara
penggunaan masker kain semakin populer dengan berbagai variasi model, bahan, dan warna. - ANtara

Bisnis.com, JAKARTA – Penggunaan masker kain sangat disarankan bagi masyarakat umum di saat keterbatasan jumlah masker bedah bagi para tenaga kesehatan beberapa waktu lalu. Sejak inilah, penggunaan masker kain semakin populer dengan berbagai variasi model, bahan, dan warna.

Meski bisa digunakan berulang kali, tetapi masker kain lebih berisiko untuk sulit dibersihkan mengingat bahannya yang mudah meninggalkan bekas, baik itu bekas bedak maupun bekas lipstik atau bekas makeup lain.

Dilansir dari Her World Online, berikut 7 tip untuk membersihkan masker dan menjaganya tetap bersih tanpa noda.

1. Sabun yang Lembut dan Air Hangat

Jika noda yang terdapat di bagian dalam masker adalah noda yang bandel, maka Anda bisa mencoba untuk merendam masker di dalam sabun yang lembut dan air hangat dalam waktu yang lama sampai nodanya lebih mudah untuk dibersihkan.

2. Tisu Basah untuk Makeup

Pada umumnya, tisu basah yang digunakan untuk membersihkan makeup hanya bisa digunakan pada wajah. Tapi, ia juga bisa bekerja untuk membantu membersihkan noda makeup pada masker kain.

Caranya cukup dengan menepuk atau menggosok pelan noda sampai terangkat. Cara ini adalah yang paling efektif untuk noda baru yang belum kering.

3. Es Batu

Es batu bisa digunakan dengan menggosok bagian noda yang membandel. Tapi, hindari air panas karena akan membuat noda menyebar ke bagian lain pada masker kain.

Penggunaan es batu sangat disarankan untuk membersihkan noda pada masker berbahan sutra.

4. Alkohol Oles

Cara ini bisa digunakan untuk membersihkan noda makeup, terutama yang berasal dari lipstik. Cukup gunakan kapas atau lap yang telah diberi alkohol dan gosok perlahan pada bagian yang terkena lipstik.

Alkohol membantu memecah noda yang berminyak atau licin. Alternatif lainnya untuk Anda yang memiliki kulit sensitif adalah dengan menggunakan cuka beras dan larutan sabun cuci piring untuk membersihkan noda tersebut.

5. Krim Cukur

Krim cukur bisa membantu menghilangkan noda makeup dengan cara mengaplikasikan krim seukuran koin dan biarkan di daerah yang bernoda selama 10 menit. Setelah itu, krim tersebut bisa dibersihkan dengan lap lembap.

6. Pemutih Warna

Penggunaan pemutih untuk warna bisa dilakukan dengan merendam masker di dalam pemutih warna khusus kain berwarna selama lima menit sebelum dibilas dengan air dingin atau air suhu ruang.

7. Cairan Pencuci Piring

Jika noda yang membandel adalah bekas dari penggunaan foundation bedak maupun cair atau foundation berbasis minyak, maka gunakan sedikit cairan pencuci piring pada noda lalu gosok dengan lembut bagian tersebut dengan sikat gigi. Setelah nodanya hilang, bilas dengan air dingin.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips fashion masker
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top