Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Sederhana Cegah Anak Obesitas

Obesitas merupakan salah satu penyakit berbahaya meskipun tidak menular. Pencegahan sejak dini menjadi langkah paling mudah untuk mencegah penyebaran.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 24 Maret 2021  |  16:46 WIB
Cara Sederhana Cegah Anak Obesitas
Anak-anak perlu selalu beraktivitas. - Unicef
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Obesitas merupakan salah satu penyakit berbahaya meskipun tidak menular. Pencegahan sejak dini menjadi langkah paling mudah untuk mencegah penyebaran.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) I Gusti Lanang Sidiartha mengatakan ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah obsitas.

"Langkah sederhana ini bisa dilakukan para orang tua untuk mencegah anak tumbuh menderit obesitas," katanya secara virtual pada acara temu media dalam memperingati Hari Obesitas se-Dunia, Rabu (24/3/21).

Lanang membagikan tiga cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah obsitas seperti berikut ini :

1. Penting Air Susu Ibu (ASI)

ASI berperan penting memenuhi gizi balita selama belum bisa menerima asupan nutrisi lain. Bila orang tua kurang dalam memberikan ASI, mau tidak mau asupan makanan yang tidak baik akan diterima oleh anak dari makanan pengganti.

2. Makan Teratur

Saat anak mulai bisa makan, buatlah jadwal makan teratur dengan jam yang tepat. Bila jadwal makan tidak teratur akan mendorong anak ingin mengkonsumsi makanan ringan. Makanan ringan pada anak memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga memicu timbulnya lemak. Buatlah menu sehat dan gizi yang seimbang agar anak kenyang tanpa makanan ringan.

3. Memperbanyak Gerak

Orang tua perlu mengajak anak selalu beraktivitas. Mulai dari mengajak berolah raga atau membantu mengerjakan pekerjaan rumah. Dengan anak bergerak maka akan membakar lemak yang berasal dari makanan yang dikonsumsi. Selain itu, anak akan lebih bugar dan menanamkan kebiasaan baik tersebut hingga dewasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

obesitas anak-anak
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top