Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Makanan Ini Bantu Kelola Tingkat Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang membuat tubuh seseorang sulit untuk mengubah gula menjadi energi, sehingga berdampak pada kenaikan gula darah dan menyebabkan sejumlah penyakit berisiko seperti darah tinggi dan kerusakan pada pembuluh darah.
Laurensia Felise
Laurensia Felise - Bisnis.com 25 Maret 2021  |  20:58 WIB
Kacang-kacangan merupakan sumber lemak baik, magnesium, dan serat.  - Istimewa
Kacang-kacangan merupakan sumber lemak baik, magnesium, dan serat. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Diabetes merupakan salah satu penyakit yang membuat tubuh seseorang sulit untuk mengubah gula menjadi energi, sehingga berdampak pada kenaikan gula darah dan menyebabkan sejumlah penyakit berisiko seperti darah tinggi dan kerusakan pada pembuluh darah.

Setidaknya di Indonesia, diabetes merupakan penyakit ketiga yang menyumbang jumlah kematian di Indonesia setidaknya selama dua hingga tiga tahun terakhir. Hal inilah yang membuat diabetes berisiko bagi kesehatan masyarakat luas.

Upaya dalam mengendalikan diabetes dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan pengendalian pola makan beserta dengan menu makannya.

Secara umum menurut Direktur Bagian Endokrinologi di Maimonides Medical Center, Jocelyne Karam, ia merekomendasikan empat hal yang harus diperhatikan dalam mengelola menu makanan untuk penderita diabetes yang terdiri dari memasukkan makanan mengandung karbohidrat yang kaya serat, menghindari minuman yang kaya gula, meningkatkan konsumsi protein tanpa lemak, dan memperbanyak konsumsi lemak tak jenuh.

Melansir dari Insider, ia juga merekomendasikan enam makanan yang bisa membantu mengendalikan gula darah untuk penderita diabetes.

1. Kacang-kacangan Polong

Kacang-kacangan mengandung dua komponen utama yang berdampak baik bagi penderita diabetes, yaitu serat dan protein yang diserap tubuh lebih lambat sehingga mengurangi risiko kenaikan gula darah.

Kacang-kacangan seperti kacang hitam, kacang pinto, kacang merah, dan kacang navy bisa didapat dalam bentuk kacang kering maupun kacang kalengan yang mengandung sedikit sodium.

2. Sayuran Hijau Gelap

Daun-daunan yang masuk ke dalam kategori ini, seperti daun bayam, kol, dan daun kale, mengandung vitamin c dan antioksidan yang bisa mengurangi inflamasi.

Selain itu, sayuran hijau juga rendah dengan kandungan kalori dan karbohidrat sehingga menjadikannya pilihan yang baik untuk mengontrol gula darah dan bobot tubuh.

3. Ikan dengan Lemak Baik

Ikan dengan mengandung asam lemak omega-3 memiliki manfaat baik dengan meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi inflamasi sekaligus merupakan sumber protein yang baik.

Beberapa ikan yang direkomendasikan adalah ikan salmon, sarden, mackerel, trout, herring, dan albacore tuna.

4. Buah-buahan

Kandungan gula dan karbohidrat yang tinggi dalam buah seringkali disalahpahami di kalangan penderita diabetes. Tetapi, kandungan vitamin dan mineral yang tinggi menjadikannya pilihan yang aman.

Sangat disarankan bagi Anda yang memiliki diabetes untuk menghitung jumlah karbohidrat di dalam buah-buahan ketika merencanakan menu makanan.

Beberapa buah yang direkomendasikan adalah stroberi, blueberry, pisang, jeruk, dan anggur. Singkatnya, stroberi mengandung antioksidan bernama antosianin yang membantu mengurangi kolesterol serta blueberry memiliki indeks glikemik rendah dan tinggi serat.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber lemak baik, magnesium, dan serat. Beberapa jenis kacang dan biji-bijian seperti kacang walnut dan flaxseeds kaya akan kandungan omega-3.

Beberapa kacang yang disarankan adalah kacang walnut, almond, hazelnut, dan pistachio.

6. Gandum Utuh

Makanan dengan bahan dasar gandum utuh seperti nasi coklat dan roti gandum lebih dipilih dibanding makanan dengan gandum yang telah diolah seperti roti putih. Penyebabnya adalah karena kandungan serat yang lebih tinggi pada produk gandum utuh.

Tidak hanya itu, manfaat gandum utuh ada pada kandungan vitamin B, magnesium, zat besi, dan folat yang kaya.

Beberapa contoh makanan berbahan dasar gandum utuh adalah oat utuh, quinoa, gandum barley utuh, dan farro.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

diabetes makanan sehat
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top