Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BTS Kecam Tindakan Rasisme dengan Tagar #StopAsianHate #StopAAPIHate

Kecaman tersebut terlihat dalam sebuah postingan surat dalam bahasa Korea dan Inggris di akun twitter resmi BTS. Mereka juga menyertakan tagar #StopAsianHate #StopAAPIHate. Di awal surat, mereka mengatakan turut berduka kepada mereka yang telah kehilangan orang-orang yang dicintai.
Luke Andaresta
Luke Andaresta - Bisnis.com 30 Maret 2021  |  19:39 WIB
Boyband dari Korea Selatan  BTS atau Bangtan Boys - Youtube
Boyband dari Korea Selatan BTS atau Bangtan Boys - Youtube

Bisnis.com, JAKARTA- Grup K-pop BTS mengeluarkan pernyataan pada Senin malam yang mengecam gelombang kekerasan dan kebencian anti-Asia yang baru-baru ini melanda Amerika Serikat dan berbagai pengalaman mereka sendiri mengalami rasisme karena menjadi orang Asia.

Kecaman tersebut terlihat dalam sebuah postingan surat dalam bahasa Korea dan Inggris di akun twitter resmi BTS. Mereka juga menyertakan tagar #StopAsianHate #StopAAPIHate. Di awal surat, mereka mengatakan turut berduka kepada mereka yang telah kehilangan orang-orang yang dicintai.

Meskipun tidak secara spesifik disebutkan, pernyataan tersebut diduga mengacu pada peristiwa penembakan pada 16 Maret di luar Atlanta, di mana seseorang pria bersenjata mengunjungi tiga panti pijat Asia dan membunuh delapan orang, termasuk enam wanita Asia.

BTS juga menceritakan saat mereka menghadapi diskriminasi sebagai orang Asia. Mereka menuliskan bahwa mereka mendapat umpatan tanpa alasan dan diejek karena penampilan mereka. Bahkan, mereka pernah ditanya mengapa orang Asia berbicara dalam bahasa Inggris.

“We recall moments when we faced discriminaton as Asians. We have endured expletives without reason and were mocked for the way we look. We were even asked why Asians spoke in English,” tulis pernyataan tersebut yang dikutip Bisnis, Selasa (30/3).

Mereka menilai bahwa sikap rasisme yang terjadi saat ini tidak bisa dilepaskan dari identitas mereka sebagai orang Asia dan cukup membuat mereka merasa tidak berdaya dan menghilangkan harga diri orang-orang Asia. Perlu waktu yang cukup lama bagi mereka untuk menyuarakan pesan ini sampai mereka benar-benar yakin untuk menyebarkannya ke seluruh dunia.

Di akhir surat tersebut, mereka mengatakan bahwa mereka menentang diskriminasi rasial dan mengutuk berbagai kekerasan. Menurut mereka, semua orang memiliki hak untuk dihormati dan mereka akan selalu berdiri bersama orang-orang yang terdiskriminasi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bts rasisme
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top