Ilustasi - Seorang anak makan buah dan sayur./Istimewa
Health

5 Gejala Eating Disorder Pada Anak

Desyinta Nuraini
Rabu, 31 Maret 2021 - 20:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Istilah eating disorder kembali ramai diperbincangkan. Gangguan makan ini bukan hanya menyasar orang dewasa namun juga anak-anak.

Kebanyakan anak mengalami gangguan makan sejak dini. Anak-anak sering kali tidak dapat mengungkapkan apa yang mereka rasakan dan banyak orang tua yang gagal menangkap tanda-tanda dari gangguan makan tersebut.

Dari anoreksia, nervosa, dan bulimia nervosa hingga gangguan makan berlebihan, beberapa jenis gangguan makan yang dapat membahayakan kesehatan anak. Dibandingkan dengan balita, remaja lebih mungkin mengalami gangguan makan tersebut.

Melansir Times of India, Rabu (31/3/2021), berikut adalah 5 gejala eating disorder yang harus diwaspadai oleh setiap orang tua :

1. Penurunan berat badan yang drastis

Gejala ini lebih sering terjadi pada anak perempuan dibandingkan dengan anak laki-laki. Jika anak Anda makan dengan benar, berat badannya akan tetap sama dan mereka akan bertambah berat dengan tinggi badannya.

Jika tidak, hal ini akan menurunkan berat badan karena pola makan yang tidak teratur.

2. Melewatkan makan di rumah

Gangguan makan bisa bermacam-macam jenisnya. Beberapa anak makan berlebihan, sementara yang lain melewatkan makan.

Jadi, Anda harus memperhatikan pola makan yang tidak biasa. Terutama jika anak Anda melewatkan makan di rumah, lebih memilih makan di luar atau makan di kamar dan menghindari makan bersama keluarga.

Melakukannya sesekali tidak apa-apa, tetapi jika itu menjadi rutinitas, ini memprihatinkan.

3. Terlibat dalam aktivitas fisik

Berolahraga itu baik untuk kesehatan dan setiap orang harus melakukannya secara teratur. Tetapi anak-anak yang menderita bulimia mungkin berolahraga secara kompulsif.

Gangguan makan dan olahraga berjalan seiring. Karena kebanyakan anak mengembangkan kelainan makan untuk menurunkan berat badan, mereka biasanya berolahraga berlebihan. Bahkan dalam kasus bulimia, anak-anak makan berlebihan dan mengimbanginya dengan berolahraga.

4. Mengomentari bentuk dan ukuran tubuh mereka

Jika anak Anda menghabiskan banyak waktu di depan cermin dan sering mengeluh tentang penampilannya, itu juga menjadi masalah yang harus diperhatikan.

Umumnya remaja merasa sadar akan penampilan dan citra tubuh mereka. Anda akan melihat mereka mengenakan pakaian longgar dan menghindari pertemuan sosial.

Akan tetapi jika menjadi terlalu berlebihan dan mulai merefleksikan perilaku makan, maka Anda harus mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengendalikan mereka.

5. Membatasi makanan secara berlebihan

Ini mungkin tidak mengganggu Anda karena kebanyakan anak cenderung menghindari kelompok makanan tertentu, tetapi ini bisa menjadi tanda dari gangguan makan.

Mencoba diet baru, menghitung kalori, membatasi kelompok makanan, terlalu berminat memasak semuanya adalah pola gangguan makan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Desyinta Nuraini
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro