Beberapa studi telah menunjukkan bahwa setelah diet vegan selama kehamilan dapat membantu mencegah kerusakan DNA pada kehamilan dan mengurangi risiko bayi atas masalah perkembangan tertentu. /Unicef
Health

Amankah Diet Vegan Selama Hamil? Berikut Faktanya

Desyinta Nuraini
Kamis, 1 April 2021 - 15:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pola diet vegan banyak digandrungi kaum hawa di masa sekarang ini. Mereka menghindari produk susu, telur, daging, bahkan madu.

Namun yang menjadi pertanyaan, apakah wanita hamil yang sebelumnya seorang vegan atau tetap harus konsisten dengan dietnya itu?

Para ahli mengatakan bahwa seorang wanita hamil harus mengonsumsi vitamin, protein, dan mineral, jenis lemak yang sehat, karbohidrat kompleks, serat, dan cairan. Ibu hamil juga dianjurkan untuk minum susu yang menjadi pantangan bagi vegan.

Diet vegan telah lama dikritik karena dinilai cenderung rendah nutrisi seperti vitamin B12, lemak omega-3, besi, yodium, kalsium, dan seng. Semua nutrisi ini penting untuk kehamilan. Kekurangan nutrisi ini dapat mengakibatkan komplikasi kehamilan, menurunnya kesehatan ibu dan bayi dan tentu saja, kekurangan nutrisi.

Namun, melansir Boldsky, Kamis (1/4/2021) para ahli lainnya menyatakan ibu hamil yang melakukan diet vegan mungkin memiliki risiko rendah depresi pascapersalinan, pengiriman C-section, dan kematian ibu atau bayi.

Selain itu, para ahli mengatakan bahwa wanita yang mengikuti diet vegan umumnya tidak memiliki risiko komplikasi kehamilan yang lebih besar daripada wanita yang tidak melakukannya. Jadi, diet vegan yang seimbang seimbang dianggap aman untuk semua periode kehidupan, termasuk kehamilan, namun dengan bimbingan ahli gizi dan dokter.

Para ahli menyebut beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika ibu hamil melakukan diet vegan antara lain diet berbasis tanaman biasanya kaya serat tetapi rendah gula dan lemak, melindungi dari diabetes gestasional atau kadar gula darah tinggi selama kehamilan.

Kemudian diet vegan mencegah kelebihan penambahan berat selama kehamilan. Kandungan serat tinggi dalam pola makan vegan dapat menjaga dari preeklampsia yang disebabkan oleh kenaikan tekanan darah selama kehamilan.

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa setelah diet vegan selama kehamilan dapat membantu mencegah kerusakan DNA pada kehamilan dan mengurangi risiko bayi atas masalah perkembangan tertentu.

Sumber nutrisi penting vegan selama kehamilan sambil menunjukkan manfaat dari mengikuti pola makan vegan selama kehamilan, juga penting untuk menyinari kerugiannya juga - sehingga Anda dapat memilih sesuai dengan fakta. Sebagai pola makan vegan sepenuhnya tanpa produk hewani, tidak memiliki nutrisi tertentu, yang, jika tidak dikompensasi, dapat membahayakan ibu dan kesehatan bayi.

Berikut sumber nutrisi untuk diet vegan :

1. Vitamin D

Sumber vitamin D seorang vegan adalah jamur, jus jeruk, sereal, susu kedelai, susu beras dan susu almond, serta tentu saja sinar matahari.

2. Zat besi

Ada banyak sumber makanan mengandung zat besi yang bisa dikonsumsi vegan seperti lentil, tahu, bayam atau sayuran hijau, kacang-kacangan, serta buah-buahan.

3. Vitamin B12

Kebanyakan diet vegan kekurangan vitamin B12, yang dapat meningkatkan risiko keguguran, diabetes gestasional, prematur kelahiran, dan malformasi. Namun sumber vitamin B12 berbasis nabati bisa diperoleh dari giz ragii, susu kedelai, almond, kelapa, atau beras, tempe, sereal, ganggang, rumput laut, dan jamur.

4. Lemak omega-3

Nutrisi ini sangat penting selama kehamilan. Diet vegan cenderung memiliki kadar asam eicosapentaenoatik (EPA) dan asam docosahexaenoat (DHA), dua omega-3 penting untuk mata bayi, otak, dan sistem saraf Anda

Sumber vegan dari lemak omega-3 adalah biji chia, kecambah brussel, minyak alga (berasal dari ganggang), biji rami, kenari, dan minyak perilla.

5. Protein

Asupan protein Anda mungkin memperlambat pertumbuhan dan perkembangan bayi. Sementara diet vegan kaya akan protein, seperti seitan, lentil, buncis dan kacang-kacangan, kacang hijau, tahu, tempe, hingga edamame. Mereka bisa sulit dicerna selama kehamilan Anda.

Selain itu, awasi kalsium, seng dan asupan kolin juga, karena nutrisi ini juga penting untuk kesehatan Anda dan kesehatan bayi. Sumber kalsium untuk vegan termasuk biji wijen, Tahini, sayuran berdaun hijau, tahu, pulsa dan roti cokelat dan putih.

Sementara sumber seng untuk vegan termasuk kacang, buncis, lentil, tahu, kenari, kacang mete, biji chia, dasar biji rami, biji labu, roti gandum dan quinoa. Dan terakhir, sumber kolin untuk vegan termasuk legum, tahu, sayuran hijau, kentang, kacang, biji-bijian, dan buah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Desyinta Nuraini
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro