Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Tanda Awal Anda Butuh Pemeriksaan Jantung

Anda dapat memperhatikan perilaku, bahasa tubuh untuk mengetahui kemungkinan risiko terkena sakit jantung.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 05 April 2021  |  14:40 WIB
Sakit jantung pada perempuan -
Sakit jantung pada perempuan -

Bisnis.com, JAKARTA - Berbicara tentang penyakit jantung yang merupakan salah satu penyebab kematian utama di seluruh dunia, ada beberapa cara efektif untuk melacaknya. Termasuk jika ini terjadi pada orang di sekitar Anda, termasuk orang tua Anda.

Anda dapat memperhatikan perilaku, bahasa tubuh, misalnya, jika mereka bernapas dengan berat atau memiliki tekanan darah tinggi. Jika Anda melihat gejala seperti itu, jangan tunda dan periksakan.

Berikut adalah 10 tanda paling umum yang harus Anda perhatikan untuk mengetahui apakah mereka memiliki masalah yang berhubungan dengan jantung dilansir dari Express :

1. Tekanan darah tinggi

Dengan mesin pengukur tekanan darah digital yang mudah didapat di pasaran, sangat mudah untuk melacak tekanan darah. Jika Anda berusia di atas 50 tahun, pastikan memeriksa tekanan darah mereka setiap minggu atau 15 hari jika mereka tidak memiliki masalah tekanan darah. Jika menderita tekanan darah tinggi, Anda harus memeriksanya secara rutin. Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat membuat jantung Anda bekerja lebih keras dan menyebabkan serangan jantung.

2. Kadar gula darah tinggi

Gula darah tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit arteri koroner karena dapat menghambat fungsi pembuluh darah. Maka dari itu, memeriksa gula darah dari waktu ke waktu dan mengelolanya penting untuk menjaga kesehatan jantung.

3. Kesulitan bernapas

Ada hubungan erat antara pernapasan seseorang dan jantung yang memompa darah secara efektif. Seseorang mungkin mengalami masalah pernapasan jika jantung tidak dapat memompa cukup darah.

4. Sakit dada

Sering kali, kita mengabaikan sakit dada yang salah mengira itu gas atau keasaman. Jika Anda merasakan tekanan yang tidak nyaman, sesak atau nyeri di bagian dada maka itu bisa menjadi tanda serangan jantung. Memiliki arteri yang tersumbat dapat menyebabkan nyeri dada. Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, seseorang mungkin mengalami serangan jantung tanpa nyeri dada.

5. Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri yang menyebabkan masalah jantung. Periksakan kadar kolesterol mereka dan pastikan mereka mengonsumsi makanan sehat seperti biji-bijian, sayuran hijau, dan buah-buahan.

6. Merasa pusing dan pingsan

Jika Anda merasa pusing, maka kamu harus segera memeriksakannya. Pusing dan pingsan dapat mengindikasikan tekanan darah rendah dan ketidakmampuan jantung untuk memompa cukup darah.

7. Sakit tenggorokan dan rahang

Jika Anda mengalami nyeri dada yang menyebar ke tenggorokan dan rahang, itu bisa menjadi gejala awal serangan jantung yang akan datang.

8. Muntah, mual dan gangguan pencernaan

Jika Anda merasa mual yang diikuti dengan muntah, yang tidak kunjung sembuh seiring berjalannya waktu, itu bisa menjadi gejala awal serangan jantung.

9. Berkeringat berlebihan

Jika Anda berkeringat deras, itu bisa jadi pertanda mereka punya masalah jantung. Berkeringat tanpa alasan bisa menjadi peringatan bahwa jantung Anda tidak dapat memompa darah dengan baik.

10. Bengkak di kaki, tungkai, dan pergelangan kaki

Pembengkakan di tungkai, telapak kaki, dan pergelangan kaki muncul saat jantung tidak mampu memompa cukup darah sebagaimana mestinya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kolesterol serangan jantung
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top