Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Cara Untuk Menjadi Orang Jujur

Orang yang jujur biasanya terbebas atau dijauhi dari yang namanya kebohongan. Simak tips atau cara menjadi orang jujur.
Hanafi Nurmahdi
Hanafi Nurmahdi - Bisnis.com 06 April 2021  |  12:42 WIB
Tips menjadi orang jujur./Ilustrasi - Newsbuster
Tips menjadi orang jujur./Ilustrasi - Newsbuster

Bisnis.com, JAKARTA - Kepercayaan seseorang terhadap yang lain sangat berharga nilainya. Jika kita sudah percaya, maka segala bentuk akan diberikan untuk bisa menjalin hubungan dengan lebih leluasa.

Faktor-faktor orang bisa dipercaya sangatlah beragam, salah satunya yaitu kejujuran. Kejujuran adalah sifat pertama yang bisa diketahui oleh orang lain. Kejujuran juga merupakan fondasi mempererat hubungan dan menjadi orang kepercayaan.

Berpegang teguh pada kejujuran adalah suatu sifat yang jarang dimiliki seseorang. Dengan hanya kejujuran seseorang bisa menjauhi sifat bohong dan pengkhianatan. Berikut 10 cara menjadi orang jujur yang sudah dirangkum dalam laman marketing91.com:

1. Berterus Teranglah

Orang yang jujur biasanya terbebas atau dijauhi dari yang namanya kebohongan. Dengan berterus terang, kita tidak perlu takut akan tertangkap jika melakukan kebohongan. Katakan saja kebenaran yang ada, walaupun itu menyakitkan atau merugikan.

2. Refleksi Diri

Setidaknya luangkan waktu sejenak untuk bisa memahami diri sendiri. Dengan begitu, kita tahu apa yang benar-benar akan kita lakukan atau kerjakan adalah untuk menghindari kebohongan.

3. Jangan Ragu

Jangan pernah ragu untuk mengambil sikap kejujuran. Bahwa dengan keraguan dan kebimbangan untuk menimbang dan memilih, kita berada diantara kebohongan dan kebenaran untuk melangkah kedepannya. Maka percayalah untuk ambil jalan yang benar tanpa ragu.

4. Berhenti Membandingkan Diri Sendiri

Orang akan berbohong ketika mereka membandingkan diri mereka dengan orang lain untuk menunjukkan siapa yang lebih baik. Tampaknya dengan menutupi kekurangan kita untuk bisa bersaing dengan orang lain, akan semakin lebih baik kita untuk menutupi kebenaran.

Maka dari itu, terima diri kita apa adanya, jika tidak puas akan kualitas diri, cobalah untuk memperbaikinya alih-alih berbohong menutupi kekurangannya.

5. Mengubah Kebiasaan Diri

Dengan menghilangkan kebiasaan diri seperti memulai kebohongan untuk menyenangkan atau menenangkan orang lain. Renungi kebiasaan ini, dan mulailah dengan mengatakan sebenarnya. Setidaknya kita sudah berusaha untuk jujur akan situasi yang yang dihadapi.

cara menjadi orang  jujur tips menjadi orang jujur

6. Menjadi Lebih Baik

Dengan tidak menyembunyikan diri dengan lingkungan, karena itu merupakan dasar keberadaan seseorang untuk bisa diakui dan dipercaya. Dengan berperilaku jujur, kita bisa mengenal lawan bicara atau terbuka agar orang lain bisa mengenal lebih dalam tentang diri kita.

7. Membumbui Cerita

Tidak menjadi seseorang yang memiliki kebiasaan melebih-lebihkan cerita atau informasi untuk disampaikan kepada orang lain. Kata-kata yang tidak jujur atau berkurang keasliannya, tentu memiliki setengah kebohongan cerita. Sangatlah penting untuk menjauhi sifat ini dan sampaikan cerita sesuai dengan keasliannya.

8. Berhenti Membuat Orang Lain Terkesan

Tidak perlu menggunakan kebohongan untuk membuat orang lain menyukai kita. Dengan kebohongan itu, kita akan dituntut kepada kebenaran untuk membuktikannya dan akan menguras banyak waktu dan pikiran untuk menyelesaikannya. Orang lain akan lebih melirik kita jika kita memiliki sikap yang jujur dan sopan santun.

9. Menjadi Bijaksana

Terkadang seseorang terdorong kepada situasi dimana ia harus melakukan kebohongan. Hindari tindakan seperti ini sebelum kita jatuh terlalu jauh dan mempertanggung jawabkan semuanya.

10. Memaafkan Diri Sendiri

Memaafkan diri tentang kesalahan-kesalahan yang sudah diperbuat. Sulit untuk bisa menerima diri kembali menjadi lebih baik, maka lakukannya penebusan agar orang-orang kembali mempercayai diri kita sendiri. Dengan memulai mempercayai diri bahwa kita tidak akan melakukannya lagi kesalahan tersebut.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gaya hidup orang jujur
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top