Sembelit/boldsky.com
Health

5 Hal yang Harus Dihindari Ketika Anda Sembelit

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 7 April 2021 - 13:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kita semua pernah mengalami kesulitan buang air besar atau sembelit. Penyebabnya banyak. Dari dehidrasi, rendahnya asupan serat, stres atau terlalu banyak mengonsumsi produk susu.

Saat Anda merasa kembung dan tidak nyaman, hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah secara tidak sengaja melakukan sesuatu yang dapat memperburuk situasi.

Karena itu, agar sembelit Anda tidak makin parah, berikut 5 hal yang harus Anda hindari saat menderita sembelit seperti dilansir dari Times of India :

1. Makan makanan olahan

Makanan olahan tidak baik untuk kesehatan Anda, jadi saat Anda mengalami sembelit Anda harus menjauhi mereka. Makanan olahan atau junk food tinggi lemak, yang selanjutnya dapat memperlambat pencernaan dan menyebabkan lebih banyak ketidaknyamanan.

Mereka bahkan sarat dengan fruktan, karbohidrat yang meningkatkan umur simpan makanan tetapi merusak proses pencernaan alami kita. Roti, pasta, mie menghindari semua jenis makanan kemasan dan lebih memilih makanan kaya serat.

2. Tidak melakukan aktivitas

Saat Anda merasa tidak nyaman dan kekenyangan atau semeblit, Anda mungkin ingin berbaring di sofa atau sofa. Tapi percayalah, ini tidak akan banyak membantu Anda. Ketidakaktifan fisik dapat memperlambat pergerakan makanan di saluran pencernaan. Melakukan aktivitas fisik berdampak rendah apa pun dapat membantu Anda buang air besar dengan mudah. Naik turun tangga atau lakukan yoga. Keduanya dapat membantu memijat otot perut dan mengeluarkan feses dengan mudah.

3. Mengkonsumsi produk olahan susu

Produk susu diketahui bisa membuat Anda merasa kembung dan sembelit. Ketika Anda sudah menderita suatu masalah, hal itu dapat membuat situasi menjadi lebih buruk. Berperahu disebabkan karena kekurangan enzim laktase di usus, yang dibutuhkan untuk memecah laktosa dalam produk susu menjadi gula sederhana yang dapat dengan mudah diserap oleh usus kecil. Semua jenis produk susu termasuk yogurt, susu, dadih, dan es krim dapat membuat Anda lebih sulit buang air besar.

4. Mengonsumsi obat pereda nyeri

Beberapa obat, termasuk obat pereda nyeri yang dijual bebas setiap hari, juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan Anda. Mereka dapat memperlambat kontraksi sistem GI, membuat buang air besar menjadi sulit. Jika Anda sedang mengonsumsi obat apa pun dan sering merasa sembelit, bicarakan dengan dokter Anda.

5. Asupan alkohol atau kafein

Dehidrasi adalah salah satu penyebab utama sembelit dan minum alkohol dapat memperburuk kondisi Anda. Alkohol adalah diuretik. Itu berarti dapat menyebabkan tubuh Anda mengeluarkan cairan dari darah Anda melalui sistem ginjal Anda. Ini bisa membuat Anda dehidrasi jika Anda tidak minum banyak cairan setelah minum alkohol. Bahkan kopi memiliki efek serupa pada tubuh Anda. Jadi, jika Anda ingin buang air besar dengan mudah, jauhi ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro