Seorang pria akan menyikat giginya meski sedang berpuasa./ilustrasi/Imgbuddy
Health

Bolehkah Sikat Gigi Saat sedang Puasa?

Novita Sari Simamora
Kamis, 8 April 2021 - 18:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pekan depan, umat beragama Islam akan melaksanakan ibadah puasa. Apakah boleh menyikat gigi saat puasa?

Untuk menjaga napas tetap segar selama bulan Ramadan (puasa) maka ada orang-orang yang membawa sikat gigi dan odol di dalam tas, sebelum bertemu orang. Apakah sikat gigi saat puaas bisa bikin batal?

Mengutip dari laman Pepsodent, Kamis (8/4/2021), ada beberapa tips yang perlu dilakukan agar ibadah berjalan lancar. Menjaga kesehatan mulut merupakan strategi yang penting untuk menjaga kesehatan mulut.

Berikut tips menjaga kesehatan gigi dan mulut selama bulan puasa (Ramadan):

Satu atau dua minggu sebelum bulan puasa tiba, sebaiknya periksakan gigi Anda ke dokter gigi. Selain mendapatkan pengecekan dan pembersihan gigi secara keseluruhan, ini juga waktu yang tepat untuk mendapatkan tindakan-tindakan medis jika diperlukan.

Segera tambal gigi yang berlubang atau ekstraksi jika gigi berlubang sudah tidak memungkinkan dilakukan perawatan.

Manfaatkan juga sesi ini untuk bertanya tentang perawatan yang tepat bagi kondisi gigi dan mulut Anda, seperti jenis sikat gigi yang tepat, penggunaan pasta gigi, benang gigi ataupun mouthwash.

Sikat gigi saat puasa, bolehkah?

Ada perbedaan pendapat mengenai hukum gosok gigi pada saat puasa – beberapa ulama menyatakan bahwa gosok gigi saat puasa dibolehkan, tetapi ada juga yang menyatakan sebaliknya.

Kendati begitu, sumber yang membolehkan menggosok gigi saat puasa pun mempunyai syarat, yaitu tidak boleh menelan pasta gigi atau air untuk berkumur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro