Puasa/stuff
Health

Tips Tetap Sehat dan Bugar Saat Berpuasa

Desyinta Nuraini
Selasa, 13 April 2021 - 07:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bulan Ramadan telah tiba. Umat muslim di seluruh dunia pun diwajibkan untuk berpuasa.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Profesor Ari Fahrial Syam lantas membagikan tips agar tetap sehat dan bugar saat berpuasa.

Pertama, yakni mengonsumsi buah dan sayur ketika sahur maupun berbuka puasa. Ari menyarankan untuk menghindari makanan yang banyak mengandung gas seperti makanan berlemak, sayuran tertentu seperti sawi dan kol, buah-buahan tertentu seperti nangka, kedondong, dan buah yang dikeringkan.

Demikian halnya dengan makanan yang sulit dicerna, yang dapat memperlambat pengosongan lambung seperti kue tart, cokelat, dan keju. "Cuka, pedas, ini juga kita hindarkan," ujarnya dalam diskusi virtual, Senin (12/4/2021).

Kedua, Ari menyarankan banyak minum di waktu sahur dan berbuka atau idealnya 8-10 gelas air putih. "Soda tidak menjadi pilihan saat berbuka atau sahur," tegasnya.

Selain soda, Ari menyarankan untuk meminimalisir kopi, menghindari minuman beralkohol, anggur putih, sari buah sitrus, dan susu full cream.

Terakhir, dia menyarankan agar selama Ramadan sebisa mungkin tidur yang cukup dan tidak berlebihan.

Sementara itu, Ari menjelaskan bahwa puasa sejatinya menyehatkan namun jika itu dilakukan dengan benar seperti anjuran yang dia berikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro