Radang sendi/Istimewa
Health

Begini Cara Mengatasi Radang Sendi

Desyinta Nuraini
Rabu, 14 April 2021 - 13:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Reumatoid artritis atau peradangan sendi kerap kali menganggu aktivitas sehari-hari. Gerakan mendorong, menarik, atau memutar bisa menyakitkan pada penderitanya.

Radang sendi ini biasanya menimbulkan keluhan bengkak, nyeri sendi, serta sendi terasa kaku. Bahkan dalam jangka waktu yang lama, bisa menyebabkan kelainan sendi.

Melansir Medical Xpress, Rabu (14/4/2021), ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi reumatoid artritis.

Jika suatu aktivitas menyebabkan nyeri sendi, ubah cara melakukan aktivitas tersebut. Melanjutkan aktivitas meskipun nyeri dapat merusak sendi.

Sementara menghentikan aktivitas sama sekali dapat menyebabkan kekakuan sendi karena jarang digunakan.

Oleh karena itu, jika rasa sakit terus berlanjut selama satu jam setelah melakukan suatu aktivitas, pertimbangkan untuk mengubah cara untuk melakukannya.

Misalnya, beristirahat, gunakan alat adaptif, bergantian antara duduk dan peregangan, serta melakukan aktivitas ringan dan sedang sepanjang hari.

Jika mengalami nyeri di kaki, kenakan sepatu yang tepat. Tanyakan penyedia layanan kesehatan atau terapis okupasi untuk rekomendasi khusus.

Sementara itu, sebaiknya pilih sendi terkuat untuk melakukan pekerjaan. Sendi yang besar lebih kuat dari pada yang kecil.

Sebagai contoh, bawalah benda dengan telapak tangan terbuka, distribusikan beban secara merata ke lengan bawah Anda. Atau, bawalah dompet dan tas di atas bahu alih-alih memegangnya dengan tangan. Jika bahu sakit, gunakan tas punggung.

Jika ingin memindahkan sesuatu, disarankan untuk menggeser daripada mengangkatnya. Gunakan otot paha untuk bangkit dari kursi alih-alih mendorong dengan tangan.

Selain itu, istirahatkan jari-jari Anda sebanyak mungkin. Hindari gerakan mencubit atau mencengkeram yang berkepanjangan. Gunakan sedikit tenaga untuk memegang perkakas atau perlengkapan.

Istirahatkan tangan Anda rata dan terbuka, jangan dengan kepalan yang kencang. Tanyakan kepada penyedia layanan kesehatan atau terapis okupasi tentang penggunaan perangkat yang dirancang khusus yang membantu menyebarkan kekuatan ke seluruh telapak tangan atau lengan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro