Es pisang ijo/Antara
Kuliner

Beragam Sajian Takjil Buka Puasa dari Berbagai Daerah

Yudi Supriyanto
Rabu, 14 April 2021 - 16:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Bulan Ramadan telah tiba, dan takjil atau makanan berbuka puasa adalah sajian yang paling ditunggu oleh orang-orang yang menjalani puasa.

Di setiap daerah di Indonesia terdapat sejumlah kudapan takjil yang tidak boleh Anda lewati ketika melakukan perjalanan.

Dilansir dari Indonesia Travel, berbagai sajian takjil baik makanan dan minuman segar dapat Anda temui untuk berbuka puasa ketika berkunjung ke daerah-daerah, seperti Aceh dengan Es Timun Serut atau Es Pisang Ijo dari Makassar, Sulawesi Selatan.

1. Es Timun Serut

Sajian segar dari Banda Aceh, Aceh ini tidak boleh Anda lewati ketika berkunjung. Terbuat dari serutan timun, minuman ini adalah minuman yang paling cocok untuk dijadikan sebagai penghilang dahaga sehabis puasa.

Berpadu dengan sirup dengan rasa melon, kelapa, atau pandan, biji selasih, jeruk nipis, dan gula cair, rasa minuman ini akan memberikan sensasi rasa segar tiada tara.

2. Bubur Kampiun

Bubur Kampiun merupakan sajian khas Minangkabau yang dapat menjadi salah satu pilihan wajib untuk Anda nikmati saat berbuka puasa.

Bukan tanpa sebab, sajian berisi ketan putih yang dikukus, kacang hijau, ketan hitam, bubur sumsum, candil, kolak ubi atau pisang dalam satu mangkok ini akan membuat Anda tidak ingin berhenti memakannya.

3. Kolak Biji Salak

Meskipun bernama biji salak, namun sajian kolak yang satu ini bukan lah biji salak yang diolah untuk dijadikan kolak. Sajian takjil dari Betawi ini berasal dari olahan ubi jalar dan tepung tapioka yang dibentuk bulat-bulat kecil menyerupai biji salak.

Dimasak dengan kuah santan, daun pandan, dan gula, sajian kolak biji salak akan memberikan kenikmatan ketika dimakan saat berbuka puasa.

4. Jalakotek

Salah satu takjil yang sering orang makan saat berbuka puasa adalah gorengan, dan Anda dapat menikmati Jalakotek jika ingin berbuka dengan gorengan.

Makanan gorengan dari Majalengka ini berbahan dasar tepung tapioka, dan berbentuk seperti pastel. Hanya saja, isi dari gorengan yang satu ini adalah tumisan tahu dan sayur-sayuran seperti wortel atau tauge.

5. Jadah Manten

Jadah manten merupakan salah satu kudapan takjil yang dapat Anda nikmati ketika berkunjung ke Yogyakarta. Sajian yang satu ini pada awalnya merupakan makanan hantaran dari pihak lak-laki kepada perempuan saat menikah.

Kini, makanan yang terbuat dari ketan dan berisi potongan daging ayam atau sapi dibalut dengan telur dadar dan diilipat dengan tangkai bambu dan potongan buncis sebagai penyangganya itu tidak pernah luput dari Ramadan.

6. Es Pleret

Sesuai namanya, es yang satu ini melibatkan kueh basah berwarna merah dan putih yang disebut dengan pleret selain santan dan gula.

Pleret adalah kueh basah yang terbuat dari campuran tepung kanji dan tepung beras yang diisi gula merah cair sehingga rasa manis dan gurih akan tercipta ketika kueh tersebut digigit.

Selain kueh pleret, minuman pelipur dahaga ini juga terkadang dicampur dengan cendol dan potongan serabi sebagai bahan tambahan.

7. Es Pisang Ijo

Minuman es penghilang dahaga lainnya yang tidak boleh Anda lewati adalah Es Pisang Ijo. Makanan khas Makassar ini memiliki rasa yang segar.

Pisang yang dilapisi adonan tepung berwarna hijau berpadu dengan bubur sumsum, es serut, kuah santan, dan sirup membuat rasanya sangat nikmat, dan meluncur menghilangkan haus saat melintasi tenggorokan.

8. Pisang Asar

Kudapan dari pisang lainnya yang harus Anda santap saat berbuka puasa adalah Pisang Asar dari Ambon. Berbeda dengan sajian pisang lainnya yang biasanya digoreng atau dijadikan kueh basah, Pisang Asar diolah dengan cara dipanggang.

Pisang yang digunakan dalam sajian ini adalah pisang raja yang kemudian dipanggang dengan campuran kacang kenari, kayu manis, telur, mentega, dan gula aren.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro