Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tak Hanya Daerah Miskin, Perkotaan Mewah Pun Punya Masalah Stunting

Stunting masih menjadi momok yang menakutkan bagi seluruh negara. Tak hanya derah miskin, penelitian terbaru mengungkap bahwa di perkotaan sekalipun, banyak anak yang mengalami sulit berkembang.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 15 April 2021  |  20:22 WIB
Ilustrasi gizi buruk. Seiring bertambahnya usia anak, kebutuhan nutrisinya juga meningkat, dan harus dipenuhi 9 Asam Amino Esensial (9AAE).  - Reuters
Ilustrasi gizi buruk. Seiring bertambahnya usia anak, kebutuhan nutrisinya juga meningkat, dan harus dipenuhi 9 Asam Amino Esensial (9AAE). - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Stunting masih menjadi momok yang menakutkan bagi seluruh negara. Tak hanya derah miskin, penelitian terbaru mengungkap bahwa di perkotaan sekalipun, banyak anak yang mengalami sulit berkembang.

Stunting alias kerdil dikarenakan malnutrisi atau kekurang gizi kronis. Untuk tumbuh kembang anak yang ideal dibutuhkan asupan proporsi protein hewani dan nabati yang seimbang. Namun kerapkali orang tua masih abai dengan hal tersebut.

Ketua Pokja Antropometri Kementerian Kesehatan dan Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi & Penyakit Metabolik RSCM Prof. Damayanti R. Syarif mengatakan bahwa banyak pasiennya berasal dari orang tua yang tinggal di perkotaan dan memiliki perekonomian yang memadai.

"Para orang tua yang anaknya mengalami stunting, bahkan mudah mengakses informasi melalui gawai mereka dan memiliki finansial memadai untuk membeli makanan yang cukup," katanya secara virtual pada acara Media Scientific Session and Frisian Flag Primagro Launch, Kamis (15/4/21)

Kurangnya memilih sumber informasi yang tepat menjadikan para orang tua terjebak dengan saran yang salah. Meskipun ada banyak sumber mengenai makanan bagi balita di internet, namun tidak semuanya berdasarkan saran medis.

Oleh karena itu orang tua harus lebih jeli dalam memilih informasi mengenai kandungan pada asupan anak. Dan jika masih keliru, berkonsultasi dengan pihak dokter adalah saran yang paling tepat.

Seiring bertambahnya usia anak, kebutuhan nutrisinya juga meningkat, dan harus dipenuhi 9 Asam Amino Esensial (9AAE), yakni zat yang tidak diproduksi dalam diri sendiri, jadi harus dipenuhi dari beragam makanan bergizi.

"Anak bisa berkembang secara fisik dan juga otak dengan sempurna bila para orang tua berperan aktif pada asupan anak sejak baru lahir. Jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mencari formula yang tepat untuk menangani kondisi anak," tutup Damayanti.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

stunting perkotaan asupan gizi
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top