Pemandangan Shanghai, China dari atas./Bloomberg-Qilai Shen
Travel

Shanghai jadi Kota Termahal di Dunia

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 18 April 2021 - 08:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jika Anda kaya, Asia-Pasifik adalah kawasan termahal untuk ditinggali, setelah Shanghai baru saja menyalip Hong Kong sebagai kota termahal di dunia.

Itulah beberapa temuan utama dari laporan Julius Baer Group tentang gaya hidup mewah yang dirilis awal bulan ini. Alasannya? Pemulihan cepat di kawasan itu dari pandemi virus corona. Sebaliknya, Amerika adalah yang paling terjangkau karena kemerosotan dolar AS dan Kanada dan devaluasi tajam mata uang Amerika Latin.

Kota-kota di Asia lebih mahal sebagian karena "Covid tidak menjadi epidemi seperti yang terjadi di kota-kota lain dalam indeks," kata Rajesh Manwani, kepala pasar dan solusi pengelolaan kekayaan Julius Baer di Asia-Pasifik dilansir dari SCMP.

"Jadi mereka bisa berfungsi lebih normal dari yang lain." tambahnya.

Krisis Covid-19 yang melanda dunia dan menyebabkan banyak orang kehilangan pekerjaan juga memperkaya orang kaya. Mereka yang berasal dari industri teknologi telah melakukannya dengan sangat baik karena penguncian membantu mempercepat peralihan ke online untuk segala hal mulai dari belajar hingga berbelanja dan bersosialisasi.

500 orang terkaya di Bumi menambahkan gabungan $1,8 triliun ke kekayaan mereka tahun lalu, dengan Elon Musk dari Tesla dan Jeff Bezos dari Amazon mendapatkan keuntungan terbesar, menurut Bloomberg Billionaires Index.

Diterbitkan pada 9 April, "Laporan Kekayaan dan Gaya Hidup Global" Julius Baer menganalisis inflasi harga 20 barang mewah yang menunjukkan gaya hidup individu berpenghasilan tinggi di 25 kota di seluruh wilayah. Untuk beradaptasi dengan dunia yang terus berubah, edisi 2021 mengganti kategori termasuk pelatih pribadi, jamuan pernikahan, Botox dan piano dengan sepeda, treadmill, asuransi kesehatan, dan paket teknologi.

Sementara jatuhnya pariwisata menyebabkan penurunan 9,3 persen dalam biaya suite hotel tahun lalu, tiket pesawat kelas bisnis menjadi 11 persen lebih mahal, lompatan terbesar di antara kategori mewah karena maskapai penerbangan harus menebus kelangkaan penjualan. , Kata Julius Baer. Harga sepatu mewah untuk wanita paling merosot, turun 12 persen.

Di Asia, harga barang dan jasa untuk orang kaya jauh lebih rendah daripada indeks harga konsumen di kawasan itu sejak 2013, tambahnya.

Shanghai menjadi kota termahal karena harga naik 6 persen tahun lalu, sedangkan di Hong Kong datar, menurut Mark Matthews, kepala penelitian untuk Asia-Pasifik di Julius Baer. Di Shanghai, ada "cukup anomali" di mana penerbangan kelas bisnis naik 82 persen dan harga hotel-suite naik 15 persen, tambahnya.

Namun secara keseluruhan, menjalani gaya hidup mewah di seluruh dunia menjadi hanya sekitar 1 persen lebih mahal pada tahun 2020, dengan orang kaya semakin beralih ke pilihan sadar yang dapat menghasilkan harga yang lebih adil bagi produsen, menurut laporan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro