Semangka/Istimewa
Health

Daftar Buah dan Sayur Segar yang Bisa Tingkatkan Imunitas Saat Puasa

Desyinta Nuraini
Selasa, 20 April 2021 - 15:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Asupan yang menyegarkan tubuh pastinya sangat dicari saat berbuka puasa. Namun segar saja tidak cukup, kita perlu mempertimbangkan makanan yang menyehatkan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Ahli Gizi dan Diet Vidhi Chawla mengatakan ada sejumlah buah dan sayuran bergizi yang bukan hanya menyegarkan namun memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk menurunkan risiko penyakit jantung, gangguan perut, kanker, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Berikut daftarnya seperti dikutip dari Pink Villa, Selasa (20/4/2021) :

1. Mentimun

Ketimun tidak hanya bergizi tetapi juga kaya antioksidan. Ketimun mengandung hampir 95 persen air, jadi memakannya saat berbuka puasa dapat membantu Anda tetap terhidrasi. Sebagian besar, sayuran imi dimakan mentah, dicampur menjadi salad atau dijadikan minuman.

2. Semangka

Tidak ada yang bisa mengalahkan semangka yang manis, lezat, dan menyegarkan. Semangka adalah salah satu makanan paling menghidrasi yang bisa Anda makan karena mengandung 92 persen air. Semangka kaya akan vitamin A dan C, serta likopen, yang keduanya membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

3. Berries

Segenggam stroberi mengandung 95 persen air. Stroberi, blueberry, raspberry, dan blackberry kaya akan vitamin C, antioksidan, antosianin, serta tinggi serat. Buah beri bermanfaat untuk mata, kulit, dan kuku, serta membantu mengurangi peradangan dan penyakit kronis. Salah satu minuman terbaik untuk memulihkan energi setelah berpuasa adalah air infus stroberi.

4. Labu botol

Labu botol juga dikenal sebagai lauki, adalah sayuran ringan yang kaya akan nutrisi dan air. Labu botol selain tinggi air juga tinggi kalsium sehingga aman untuk tulang. Mungkin ini bukan sayuran favorit Anda, tetapi labu botol efektif untuk menurunkan berat badan.

5. Tomat

Tomat adalah sumber hidrasi yang sangat baik, terutama bila dimakan mentah karena mengandung 95 persen air. Tomat juga tinggi antioksidan seperti likopen, vitamin C dan K, kalium, dan kalsium. Tomat dapat dimakan mentah dalam salad dan jus, serta dimasak dalam kari dan saus.

6. Okra

Di India, okra juga dikenal sebagai bhindi adalah hidangan yang populer. Namun, tidak banyak orang yang menyadari banyak manfaat kesehatannya. 

Okra kaya akan serat makanan yang membantu pencernaan dan mengurangi keinginan ngemil. Ini juga salah satu sumber lektin paling populer dalam makanan. Protein ini berpotensi menurunkan laju perkembangan sel kanker payudara. Folat, kalium, dan vitamin K adalah beberapa nutrisi lain yang ditemukan di okra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro