Vitamin D/istimewa
Health

Berapa Banyak Vitamin D yang Dibutuhkan Tubuh Setiap Hari? Cek di Sini

Desyinta Nuraini
Kamis, 22 April 2021 - 14:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Vitamin D dikenal bermanfaat untuk membangun tulang yang kuat, mengatur sistem kekebalan dan sistem neuromuskuler, serta berperan dalam siklus hidup sel tubuh. Bahkan vitamin ini dianggap membantu melindungi Anda dari Covid-19. 

Kendati demikian, sebenarnya berapa banyak vitamin D yang kita butuhkan dalam sehari?

Para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi 10 mikrogram (400IU) vitamin D setiap hari, tetapi semenjak adanya Covid-19 mereka mengimbau untuk meningkatkannya menjadi 4000IU setiap hari.

Para ahli di Supplement Place menjelaskan bahwa vitamin D jauh lebih mudah dikonsumsi dalam bentuk suplemen daripada dikonsumsi dalam makanan.

“Sementara vitamin D dapat dikonsumsi dengan makan ikan berminyak seperti salmon, mackerel, dan tuna serta jamur dan telur, kadar vitamin D yang ada dalam makanan ini rendah," tulis para ahli seperti dikutip dari Express UK, Kamis (22/4/2021).

Dijelaskan lebih lanjut, beberapa orang harus mengandalkan Vitamin D dalam bentuk suplemen.

Meskipun jumlah rata-rata vitamin D yang dibutuhkan seseorang adalah 400IU, jumlah sebenarnya yang dibutuhkan tubuh Anda lebih bersifat pribadi.

Kalkulator vitamin D yang dibuat oleh Vitl memberi tahu Anda dengan tepat berapa banyak vitamin D yang Anda butuhkan setiap hari, berdasarkan berat badan , waktu yang dihabiskan di bawah sinar matahari langsung, dan berapa lama kulit terpapar sinar matahari langsung.

Ini juga menunjukkan seberapa banyak makanan kaya vitamin D yang perlu Anda makan untuk menyamai rekomendasi asupan pribadi.

Misalnya, 10 orang yang menghabiskan kurang dari 15 menit di bawah sinar matahari langsung membutuhkan sekitar 3780IU (94,5ug) vitamin D sehari.

Ini setara dengan 85 telur rebus, 47 porsi daging, 39 cangkir susu almond, 37 cangkir jus jeruk, atau 16 porsi tuna kalengan.

Vitamin D memang tidak mudah didapat melalui makanan. Anda harus mendapatkannya melalui sinar matahari atau suplemen.

Kekurangan vitamin D telah dikaitkan dengan hal-hal seperti penyakit jantung, penambahan berat badan, dan bahkan depresi.

Para ahli sepakat vitamin D penting karena berkontribusi pada pemeliharaan tulang dan gigi, fungsi otot, kadar kalsium darah, penyerapan kalsium juga fosfor, hingga pembelahan sel.

Sementara itu, gejala kekurangan vitamin D bisa sangat tidak terlihat. Kendati demikian, ada sejumlah gejala yang sering dikaitkan seperti kelelahan, nyeri ringan di tulang, kelemahan pada otot, kram, suasana hati berubah, dan depresi.

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro