Vitamin D/istimewa
Health

Berapa Banyak Vitamin D yang Dibutuhkan Tubuh Setiap Hari? Cek di Sini

Desyinta Nuraini
Kamis, 22 April 2021 - 14:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Vitamin D dikenal bermanfaat untuk membangun tulang yang kuat, mengatur sistem kekebalan dan sistem neuromuskuler, serta berperan dalam siklus hidup sel tubuh. Bahkan vitamin ini dianggap membantu melindungi Anda dari Covid-19. 

Kendati demikian, sebenarnya berapa banyak vitamin D yang kita butuhkan dalam sehari?

Para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi 10 mikrogram (400IU) vitamin D setiap hari, tetapi semenjak adanya Covid-19 mereka mengimbau untuk meningkatkannya menjadi 4000IU setiap hari.

Para ahli di Supplement Place menjelaskan bahwa vitamin D jauh lebih mudah dikonsumsi dalam bentuk suplemen daripada dikonsumsi dalam makanan.

“Sementara vitamin D dapat dikonsumsi dengan makan ikan berminyak seperti salmon, mackerel, dan tuna serta jamur dan telur, kadar vitamin D yang ada dalam makanan ini rendah," tulis para ahli seperti dikutip dari Express UK, Kamis (22/4/2021).

Dijelaskan lebih lanjut, beberapa orang harus mengandalkan Vitamin D dalam bentuk suplemen.

Meskipun jumlah rata-rata vitamin D yang dibutuhkan seseorang adalah 400IU, jumlah sebenarnya yang dibutuhkan tubuh Anda lebih bersifat pribadi.

Kalkulator vitamin D yang dibuat oleh Vitl memberi tahu Anda dengan tepat berapa banyak vitamin D yang Anda butuhkan setiap hari, berdasarkan berat badan , waktu yang dihabiskan di bawah sinar matahari langsung, dan berapa lama kulit terpapar sinar matahari langsung.

Ini juga menunjukkan seberapa banyak makanan kaya vitamin D yang perlu Anda makan untuk menyamai rekomendasi asupan pribadi.

Misalnya, 10 orang yang menghabiskan kurang dari 15 menit di bawah sinar matahari langsung membutuhkan sekitar 3780IU (94,5ug) vitamin D sehari.

Ini setara dengan 85 telur rebus, 47 porsi daging, 39 cangkir susu almond, 37 cangkir jus jeruk, atau 16 porsi tuna kalengan.

Vitamin D memang tidak mudah didapat melalui makanan. Anda harus mendapatkannya melalui sinar matahari atau suplemen.

Kekurangan vitamin D telah dikaitkan dengan hal-hal seperti penyakit jantung, penambahan berat badan, dan bahkan depresi.

Para ahli sepakat vitamin D penting karena berkontribusi pada pemeliharaan tulang dan gigi, fungsi otot, kadar kalsium darah, penyerapan kalsium juga fosfor, hingga pembelahan sel.

Sementara itu, gejala kekurangan vitamin D bisa sangat tidak terlihat. Kendati demikian, ada sejumlah gejala yang sering dikaitkan seperti kelelahan, nyeri ringan di tulang, kelemahan pada otot, kram, suasana hati berubah, dan depresi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro