Telegram adalah aplikasi perpesanan seluler dan desktop berbasis cloud dengan fokus pada keamanan dan kecepatan. /Telegram
Entertainment

Wah! Telegram Siap Rilis Fitur Video Call untuk Grup

Laurensia Felise
Kamis, 29 April 2021 - 12:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Telegram akan merilis fitur sambungan telepon video untuk grup mulai tahun depan. Implementasi ini juga termasuk dukungan konferensi dengan video yang berbasis web.

Dilansir dari Tech Crunch, Kamis (29/04/2021), pengumuman ini disampaikan langsung oleh Penemu Telegram Patel Durov, dalam sebuah pesan yang diunggah ke channel resmi dari Telegram.

"Kami akan menambahkan dimensi video dalam obrolan suara kami pada Mei, membuat Telegram menjadi platform yang kuat untuk video call grup," ujarnya.

Ia juga menambahkan konferensi video ini juga akan menghadirkan fitur berbagi layar, enkripsi, noise-cancelling atau penghambat gangguan suara, dukungan untuk desktop dan tablet dengan teknologi UI, kecepatan, dan enkripsi milik Telegram.

Telegram telah memperbaharui berbagai layanannya sejak tahun lalu dengan menambahkan fitur sambungan telepon video antar individu pada Agustus 2020. Pihaknya menekankan pentingnya keamanan ketika melakukan video call menjadi alasan mengapa rilisnya fitur ini sempat tertunda.

Akan tetapi, implementasi dari video call untuk grup ini beserta dengan keamanannya masih membuka tanda tanya yang besar termasuk pada apakah layanan ini juga akan menggunakan enkripsi end-to-end.

Telegram mencapai kepopulerannya selama masa pandemi dengan memanfaatkan momentum pergeseran pekerjaan yang kemudian dilakukan di rumah dan keinginan pengguna untuk bisa berkomunikasi dengan aman. Dikutip dari The Verge, hingga April 2020 tercatat pengguna Telegram yang aktif sebesar 400 juta pengguna.

Peningkatan ini juga dipengaruhi oleh pesaingnya, WhatsApp, dengan masalah kebijakan keamanan untuk penggunanya yang membuat sebagian orang memilih beralih ke Telegram atau Signal yang serupa dengan WhatsApp.

Meski begitu, perkembangan yang dilakukan WhatsApp masih mengungguli Telegram karena aplikasi obrolan milik Facebook itu telah meluncurkan video call untuk grup yang telah terenkripsi end-to-end serta telah menambahkan fitur sambungan telepon dan video pada 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Laurensia Felise
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro