Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Cara Mencegah Selulit

Sulit adalah kondisi kulit terlihat bergelombang dan tidak rata. Selulit yang biasanya terjadi di lengan, perut, pinggul, bokong, paha, hingga betis ini terbentuk dari tumpukan lemak di antara jaringan ikat yang menyambungkan kulit dengan lapisan otot di bawahnya.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 03 Mei 2021  |  08:25 WIB
Selulit - Istimewa
Selulit - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Selulit menjadi kondisi kulit yang kurang disukai banyak orang. Pasalnya, hal tersebut membuat tampilan mereka dianggap kurang menarik.

Sulit adalah kondisi kulit terlihat bergelombang dan tidak rata. Selulit yang biasanya terjadi di lengan, perut, pinggul, bokong, paha, hingga betis ini terbentuk dari tumpukan lemak di antara jaringan ikat yang menyambungkan kulit dengan lapisan otot di bawahnya. Tumpukan lemak ini mendorong kulit ke atas sementara jaringan ikat terus menahannya.

Hormon, gen, tekstur kulit, dan tipe tubuh memiliki peran dalam menentukan apakah seseorang akan memiliki selulit dan seberapa parah selulitnya. Selain itu, diet juga memiliki peran utama dalam mencegahnya.

Melansir Express UK, Senin (3/4/2021), berikut makanan yang perlu dikonsumsi dan dihindari dalam diet sehat bebas selulit :

1. Air

Dehidrasi membuat selulit tampak lebih buruk, jadi minum banyak air dan tetap terhidrasi adalah kunci dalam menjaga kulit tetap mulus.

2. Dedak gandum atau oat bran

Kate Shapland, pencipta paket Cellu-Lite, menyarankan dedak gandum sebagai bagian dari makanannya. Dedak gandum tinggi protein dan menyerap volume air hingga 20 kali.

Retensi cairan merupakan salah satu faktor yang menyebabkan munculnya selulit, sehingga menambahkan dedak gandum ke dalam menu makanan setiap hari dapat membantu meminimalisir selulit.

3. Benih lenan (flaxseed)

"Para wanita di Peru tidak memiliki selulit, yang menurut saya karena mereka memiliki diet tinggi fitoestrogen alami (estrogen tumbuhan), yang menyeimbangkan tingkat estrogen mereka," ujar Dr Lionel Bissoon, penulis 'The Cellulite Cure'.

Flaxseed mengandung modulator hormon yang disebut lignan yang menurunkan kadar estrogen berlebih. Taburkan satu atau dua sendok makan benih lenan pada bubur atau smoothie.

4. Ikan yang berminyak

Makan lemak sehat penting untuk melawan selulit. Ini sekali lagi terkait dengan hidrasi dan retensi air, masalah yang muncul berulang kali saat membahas selulit.

Kulit yang terhidrasi menunjukkan selulit lebih sedikit karena semakin banyak air yang ada di sel kulit, kulit yang lebih gemuk akan menutupi sel-sel lemak dan selulit akan berkurang.

Lemak sehat mendorong cairan untuk tetap berada di sel kulit daripada di sel lemak, yang menyebabkan kulit lebih montok dan tampak lebih halus.

5. Karbohidrat dan garam

Karbohidrat dapat mendorong tubuh untuk menahan cairan, seperti halnya garam, menyebabkan cairan menumpuk dan terperangkap. Makanan tertentu akan mendorong berat air turun karena memiliki kualitas diureti. Jadi minimalkan garam, dan jangan terlalu bergantung pada karbohidrat saat merencanakan makanan Anda.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kulit perawatan wajah
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top