Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daftar Makanan Penambah Energi dan Tingkatkan Imunitas Tubuh Saat Puasa

Sistem kekebalan tubuh manusia berfungsi untuk melindungi tubuh dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Selain itu, sistem kekebalan tubuh juga dapat menghilangkan benda asing dan sel ganas yang tumbuh di dalam tubuh.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 03 Mei 2021  |  10:59 WIB
Ilustrasi daging sapi
Ilustrasi daging sapi

Bisnis.com, JAKARTA - Menjaga daya tahan atau imun tubuh penting dilakukan setiap orang. Mengingat Covid-19 yang belum pulih dari Indonesia ditambah kesibukan dengan aktivitas yang dilakukan ketika menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadan.

Sistem kekebalan tubuh manusia berfungsi untuk melindungi tubuh dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Selain itu, sistem kekebalan tubuh juga dapat menghilangkan benda asing dan sel ganas yang tumbuh di dalam tubuh.

Ketika bulan puasa tiba, sangat penting menjaga imun tubuh dengan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Agar tubuh semakin prima, ketika sedang melaksanakan makan sahur, sebaiknya tubuh diisi dengan asupan karbohidrat yang cukup.

Selain itu, ketika berbuka puasa usahakan untuk menghindari makanan gorengan secara terus-menerus atau setiap hari. Tidak semua gorengan tidak sehat, tetapi mengonsumsi gorengan selama puasa dapat memengaruhi kesehatan usus dan jantung. Lebih lanjut, sebaiknya tubuh diberikan asupan gula tidak lebih dari empat sendok sehari. Hal ini dapat memengaruhi kemampuan sel kekebalan untuk melawan infeksi.

Untuk jenis makanan yang baik dikonsumsi saat puasa yaitu ikan tuna. Makanan ini menjadi sumber vitamin D yang mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Ikan tuna juga sumber pangan yang baik untuk mendapatkan nutrisi pembangkit tenaga.

Bagi yang sudah mengonsumsi makanan ringan seperti, kurma ketika buka puasa, biasanya akan dilanjutkan dengan makan berat. Salah satu lauk pauk yang mamiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh yaitu daging sapi.

Daging sapi mengandung zat seng yang berguna untuk berbagi reaksi kimia dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Namun, bagi vegetarian dapat mengonsumsi lental, tiram, maupun tahu yang juga banyak mengandung zat seng.

Makanan yang juga baik dikonsumsi ketika bulan Ramadan yaitu, dengan minum susu baik ketika sahur maupun buka puasa. Susu sapi banyak mengandung vitamin D, vitamin A, dan juga zat seng. Hal inilah yang membuat segelas susu sapi mengandung banyak nutrisi dan baik untuk sistem kekebalan tubuh. Vitamin D pada susu sapi juga meningkatkan pertahanan alami tubuh terhadap penyakit.

Lalu yang terakhir yaitu mengonsumsi sayur bayam. Mengonsumsi sayur sangat baik saat sedang melakukan puasa. Selain membuat tubuh tidak lemas, sayur bayam juga meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi lewat penguatan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan bayam mengandung antioksidan dan betakaroten.

Menjaga tubuh ketika berpuasa dan juga berbarengan dengan masa pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri. Cara meningkatkan imun tubuh, selain menjaga pola dan jenis makanan, sebaiknya juga dibarengi dengan olahraga ringan agar tidak mengganggu ibadah puasa. Ketika ingin melakukan aktivitas di luar rumah sebaiknya memperhatikan protokol kesehetan, agar pola makan dan olahraga yang dilakukan tidak berjalan sia-sia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Puasa Imunitas tubuh
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top