Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Waspada, Kolesterol Naik Setelah Lebaran, Ini Tips 5 Menjaga Kolesterol

Saat merayakan Lebaran, kita juga perlu memperhatikan kesehatan diri terutama dalam mengonsumsi makanan bersantan untuk mencegah kolesterol.
Yuliana Hema
Yuliana Hema - Bisnis.com 11 Mei 2021  |  19:29 WIB
Waspada kolesterol usai menyantap hidangan Lebaran - Istimewa
Waspada kolesterol usai menyantap hidangan Lebaran - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu tradisi yang biasa dilakukan saat Idulfitri atau Lebaran ialah silaturahmi bersama keluarga besar sambil menikmati ketupat, rendang, opor ayam itu mengandung santan yang berlebih.

Perlu diketahui, mengonsumsi makanan yang mengandung santan secara berlebih memiliki dampak terhadap kesehatan tubuh Anda. Salah satu dampaknya adalah meningkatnya kolesterol jenuh dalam tubuh.

Oleh karena itu, dalam merayakan lebaran kita juga perlu memperhatikan kesehatan diri terutama dalam mengonsumsi makanan bersantan. Berikut lima cara menjaga kolesterol setelah menikmati hidangan Lebaran:

1. Mengonsumsi makanan yang menyehatkan jantung

Mulai mengonsumsi makanan yang kaya asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 tidak mempengaruhi kolesterol LDL tetapi memiliki manfaat kesehatan jantung lainnya. Makanan dengan asam lemak omega-3 termasuk salmon, mackerel, dan kenari.

Anda juga bisa meningkatan konsumsi serat. Serat dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah Anda. Serat ditemukan dalam makanan seperti oatmeal, kacang merah, kubis Brussel, apel dan pir.

2. Olahraga hampir setiap hari dalam seminggu dan tingkatkan aktivitas fisik

Aktivitas fisik sedang dapat membantu meningkatkan High-Density Lipoprotein (HDL), kolesterol baik. Lakukan latihan setidaknya 30 menit lima kali seminggu atau aktivitas aerobik yang kuat selama 20 menit tiga kali seminggu.

Menambahkan aktivitas fisik, bahkan dalam interval pendek beberapa kali sehari, dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Anda dapat melakukan jalan cepat dan bersepeda saat ke kantor.

3. Berhenti merokok

Berhenti merokok meningkatkan kadar kolesterol HDL Anda. Setiap 20 menit setelah berhenti, tekanan darah dan detak jantung Anda pulih dari lonjakan yang disebabkan oleh rokok.

Jika Anda berhenti merokok, sirkulasi darah dan fungsi paru-paru Anda mulai membaik. Dalam setahun setelah berhenti, risiko penyakit jantung Anda setengah dari risiko perokok.

4. Menurunkan berat badan

Jika Anda minum minuman manis, alihkan ke air mineral. Bahkan jika Anda menginginkan sesuatu yang manis, cobalah serbat atau permen dengan sedikit atau tanpa lemak.

Cari cara untuk memasukkan lebih banyak aktivitas ke dalam rutinitas harian Anda, seperti menggunakan tangga daripada menggunakan lift atau parkir lebih jauh dari kantor Anda.

5. Mengurangi mengonsumsi alkohol

Jika Anda minum alkohol, lakukan dalam jumlah sedang. Terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, termasuk tekanan darah tinggi, gagal jantung, dan stroke.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan kolesterol lebaran
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top