Ilustrasi - Penyanyi Andien bersama suami dan anaknya kompak menggunakan busana berwarna putih. Banyak cara agar pakaian terbesar dari noda riasan.  / Instagram @andienaisyah.
Fashion

4 Cara Basmi Noda Makeup di Pakaian

Janlika Putri Indah Sari
Senin, 17 Mei 2021 - 11:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Noda makeup seringkali membandel karena sulit dihilangkan. Akibatnya, pakaian kesayangan menjadi rusak.

Melansir dari express, Senin (17/5/2021), dalam hal menghilangkan noda riasan ada metode yang berbeda-beda. Itu tergantung noda dari jenis makeup.

Berikut 4 cara membasmi noda makeup :

1. Noda Alas Bedak

Noda alas bedak atau foundation adalah salah satu noda riasan yang paling menyusahkan. Akan tetapi Anda bisa menggunakan krim cukur jika alas bedak tersebut bebas minyak. Cukup basahi area bernoda dengan air dingin dan oleskan krim cukur langsung dan tunggu 10 menit.

Lalu, tepuk-tepuk dengan jari-jari sebelum meletakkan pakaian di air hangat dan cuci.

Jika alas bedak Anda berbahan dasar minyak, Anda akan membutuhkan produk yang dapat melawan minyak. Sabun cuci piring akan bekerja sangat baik untuk menghilangkan minyak, basahi area tersebut sebelum mengoleskan sedikit minyak langsung ke noda.

Biarkan selama lima menit sebelum menggosok perlahan dengan sikat gigi.

2. Noda Lipstik

Lipstik terbuat dari minyak dan lilin, jadi noda yang sulit dihilangkan. Tidak peduli berapa lama noda itu berada di sana, kikis sisa noda dengan pisau tumpul.

Untuk menghilangkan minyak, oleskan dua tetes deterjen langsung ke noda. Biarkan deterjen di atas pakaian selama lima menit.

Banyaknya deterjen tergantung pada seberapa besar noda itu. Anda bisa membilasnya atau mengoleskan beberapa tetes air dan perlahan tapi kuat dengan sikat gigi.

Pastikan Anda mengoleskan larutan ke kedua sisi noda dan membilasnya setelah noda hilang maksimal.

Jika Anda membutuhkan perawatan cepat, semprotkan sedikit hairspray pada noda, diamkan selama tiga menit sebelum mengusapnya dengan lembut. Sellotape juga berguna untuk memindahkan lipstik baru dari kain halus.

3.Noda Maskara dan Eyeliner

Maskara dan eyeliner dapat dihilangkan dari pakaian menggunakan hairspray. Semprotkan langsung ke noda, tunggu beberapa menit dan gosok perlahan di bawah air dingin menggunakan sikat gigi. Alkohol dalam hairspray membantu memecah pigmen dan menghilangkan noda. Jika tidak berhasil, gunakan beberapa tetes penghapus riasan mata bebas minyak pada kapas dan oleskan dengan lembut ke noda.

4. Noda Bedak

Bedaknya memang tidak mengandung minyak, tetapi bukan berarti mudah dihilangkan. Banyak orang mencoba menyikatnya dan itu membuat noda semakin parah. Karena bedak tidak mengandung minyak, kelihatannya lebih mudah untuk dihilangkan.

Pertama, bersihkan noda dan hilangkan serbuk sebanyak mungkin dengan pengering rambut. Pastikan untuk menjaga panas pada suhu sedang karena panas tinggi adalah bahan pengikat.

Segera oleskan sedikit penghilang riasan bebas minyak pada noda menggunakan kapas hingga noda hilang. Jika noda sudah lama menempel di pakaian, Anda bisa menggunakan metode lain. Campuran cuka putih dan air untuk dioleskan ke noda menggunakan bola kapas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro