Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cegah Virus Corona, 13 Makanan Ini Meningkatkan Imun Tubuh

Ada beberapa makanan yang bisa meningkatkan imun dan mencegah tubuh terinfeksi virus corona atau Covid-19 pada tubuh.
Hanafi Nurmahdi
Hanafi Nurmahdi - Bisnis.com 17 Mei 2021  |  10:24 WIB
Pepaya bisa menjadi makanan untuk mencegah virus corona (Covid-19) - boldsky.com
Pepaya bisa menjadi makanan untuk mencegah virus corona (Covid-19) - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA – Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh memiliki fungsi sangat sentral dalam pertahanan tubuh manusia. Tanpa sistem imun, tubuh akan rentan terhadap virus corona atau bakteri yang nantinya akan menjadi penyakit.

Maka dari itu, sistem daya tahan tubuh harus dijaga agar bisa terhindar dari segala serangan virus corona atau Covid-19. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang mampu membuat tubuh menjadi kebal terhadap virus.

Dilansir dari Health Line, berikut 13 makanan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh:

  1. Buah Jeruk

Vitamin C pada buah jeruk mampu meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan kunci untuk melawan infeksi. Banyak variasi pada jeruk yang dapat dipilih untuk menambahkan vitamin ke makanan apa pun. Varian buah jeruk seperti, jeruk bali, jeruk nipis, jeruk keprok, jeruk lemon, dan jeruk nipis.

  1. Paprika Merah

Paprika merah mengandung hampir 3 kali lebih banyak vitamin C dibanding jeruk Florida. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Paprika merah juga mengandung beta karoten, yang membantu menjaga kesehatan mata dan kulit.

  1. Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin A, C, dan E, serta serat dan banyak antioksidan lainnya. Brokoli adalah salah satu sayuran sehat yang bisa dikonsumsi setiap hari.

  1. Bawang Putih

Bawang putih manjur digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena memiliki kandungan antiinflamasi dan antioksidan. Sebuah penelitian menunjukkan bawang putih mampu melawan gejala flu dan batuk. Bawang putih juga bisa memproduksi sel imun untuk melawan infeksi virus dan bakteri.

  1. Jahe

Jahe dapat membantu mengurangi peradangan, sakit tenggorokan, dan penyakit inflamasi serta membantu meredakan mual. Meskipun digunakan dalam banyak makanan, jahe memiliki sedikit rasa panas dalam bentuk gingerol. Jahe juga dapat mengurangi gejala penyakit kolesterol.

jahe makanan pencegah covid19

  1. Bayam

Mirip dengan brokoli, bayam paling sehat jika dimasak sedikit, untuk mempertahankan nutrisinya. Bayam merupakan jenis sayuran yang kaya akan vitamin C, antioksidan, dan beta karoten yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh melawan infeksi dalam tubuh.

  1. Yogurt

Yogurt kaya akan probiotik yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi. Selain itu magnesium, selenium, dan zinc yang terdapat di dalamnya juga bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap sehat.

  1. Almond

Dalam hal mencegah dan melawan flu, vitamin E cenderung lebih baik daripada vitamin C. Namun, antioksidan kuat ini adalah kunci untuk sistem kekebalan yang sehat. Almond mengandung vitamin dan lemak sehat.

  1. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari kaya akan nutrisi, termasuk fosfor, magnesium, vitamin B6 dan E. Vitamin E penting dalam mengatur dan memelihara fungsi sistem kekebalan tubuh. Biji bunga matahari juga mengandung selenium yang sangat tinggi.

biji bunga matahari kuaci makanan cegah virus corona

  1. Kunyit

Kurkumin pada kunyit dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan kekebalan tubuh serta sebagai antivirus. Sistem pertahanan tubuh melawan virus atau bakteri sebagai penyebab penyakit.

  1. Teh hijau

Teh hijau mengandung flavonoid dan kaya akan epigallocatechin gallate (EGCG) antioksidan kuat lainnya. Dalam penelitian, EGCG terbukti meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Teh hijau juga merupakan sumber asam amino L-theanine yang baik. L-theanine dapat membantu produksi senyawa melawan kuman dan bakteri.

  1. Pepaya

Pepaya adalah buah yang sarat dengan vitamin C. Pepaya juga memiliki enzim pencernaan yang disebut papain yang memiliki efek antiinflamasi. Pepaya memiliki jumlah kalium, magnesium, dan folat yang cukup, yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

  1. Kiwi

Seperti pepaya, kiwi secara alami penuh dengan banyak nutrisi penting, termasuk folat, kalium, vitamin K, dan vitamin C. Vitamin C meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi, sementara nutrisi kiwi lainnya membuat seluruh tubuh Anda berfungsi dengan baik.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan Virus Corona pencegahan Covid-19 Imunitas tubuh
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top