Seorang pekerja di salah satu kedai kopi di Amerika Serikat./Bloomberg
Fashion

Simak! Ini 4 Hal yang Wajib Ada di Kedai Kopi Kekinian

Feni Freycinetia Fitriani
Senin, 24 Mei 2021 - 10:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. Beberapa tahun terakhir, kedai kopi modern atau kedai kopi kekinian menjamur di berbagai kota. Mulai dari kedai kecil di pinggir jalan hingga cafe kopi hits yang memiliki banyak spot Instagram-able untuk bersantai dan mengambil foto.

Berdasarkan riset yang dilakukan Toffin dan MIX MarComm SWA1, konsumsi kopi domestik pada 2019 tumbuh 13,9 persen per tahun, di mana 6 dari 10 responden mengaku menyukai datang ke kedai kopi kekinian dan 40 persen responden memilih untuk pergi kedai coffee-to-go.

President Director PT Excelso Multirasa Kevin Mergonoto memprediksi tren industri kopi di dalam negeri akan terus tumbuh. Selain itu, gaya hidup dan mobilitas orang Indonesia yang semakin cepat, serta memiliki aktivitas yang padat membutuhkan segala sesuatu yang serba praktis.

"Sebagai bagian Excelso Multi Rasa, kami menempatkan diri sebagai kedai kopi yang dekat dengan keseharian anak muda yang menyukai hal-hal yang baru," katanya dalam keterangan resmi, Senin (24/5/2021).

Bukan itu saja, Kevin mengatakan pihaknya juga bekerja sama dengan penyedia layanan keuangan, seperti ShopeePay untuk menghadirkan metode pembayaran yang mudah, aman, dan nyaman, serta menawarkan berbagai promo bagi konsumen.

Anda tertarik membuka bisnis kopi? Berikut 4 Hal yang wajib ada di kedai kopi kekinian:

1. Varian Menu Menarik

Kedai kopi kekinian sebaiknya menyajikan berbagai varian kopi. Sebagai contoh, menu yang ditawarkan jangan hanya kopi susu biasa. Anda bisa menyediakan kopi dengan campuran lezat lainnya, seperti almond milk Series.

Selain itu, kedai kopi kekinian sebaiknya juga menghadirkan kopi susu yang disajikan blended dan dalam kemasan literan sehingga mudah disimpan untuk menemani kerja di rumah (work from home).

2. Tempat Nyaman dan Pilihan Grab-Go

Saat ini, konsumen tidak hanya mencari kopi dengan rasa yang enak, tetapi tempat yang nyaman untuk bekerja atau sekadar bersantai dengan teman.

Selain itu, untuk mendukung gaya hidup yang serba cepat dan kesibukan anak muda zaman sekarang, banyak kedai kopi yang menyediakan konsep grab and go. Dengan mengusung konsep ini, kedai kopi tidak menyediakan banyak meja dan kursi dan relatif cepat dalam menyajikan kopi, tetapi tetap memiliki tempat menunggu yang nyaman.

3. Cashless dan Promo

Selain menyuguhkan jenis minuman kopi yang beragam, kedai kopi kekinian biasanya menerima pembayaran dengan metode cashless untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam pembayaran, seperti ShopeePay.

Inovasi ini dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan anak muda yang ingin serba cepat dan praktis. Selain itu, kedai kopi kekinian juga biasanya menyuguhkan berbagai promo menarik untuk memanjakan para konsumennya.

Seperti halnya Urban Latte yang berpartisipasi dalam kampanye promo ShopeePay Mantul Sale dari 25-27 Mei 2021 dan 6.6 ShopeePay Mid Year Deals pada 28 Mei-9 Juni 2021.

4. Penerapan protokol kesehatan

Salah satu hal yang wajib ada di kedai kopi kekinian saat pandemi Covid-19 ini, yaitu penerapan protokol kesehatan. Selama pandemi virus Corona, penting untuk para pengunjung dalam memilih kedai kopi yang memperhatikan protokol kesehatan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain ketersediaan hand sanitizer, pengecekan suhu sebelum masuk kedai kopi, pembatasan pengunjung dalam satu ruangan, dan kebersihan kedai kopi secara umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro