Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bisakah Obat Cacing Ivermectin Sembuhkan Covid-19? Begini Penjelasan Dokter

WHO dan Infectious Diseases Society of America (IDSA) tidak merekomendasikan invermectin untuk pasien Covid-19, kecuali untuk uji klinis.
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 11 Juni 2021  |  08:18 WIB
Obat ivermectin disebut-sebut sebagai obat Covid-19. - www.alodokter.com
Obat ivermectin disebut-sebut sebagai obat Covid-19. - www.alodokter.com

Bisnis.com, JAKARTA – Dokter Adam Prabata mengkritisi pemakaian obat ivermectin yang digunakan untuk mencegah dan obat bagi pasien Covid-19.

Obat ini juga sempat digunakan di India saat negara itu dilanda gelombang pandemi Covid-19, tapi kemudian dihentikan pemakaiannya.

Dikutip dari akun Instagram @adamprabata, Jumat (11/6/2021), kandidat PhD di Universitas Kobe, Jepang ini menyoroti ivermectin yang digunakan para pasien Covid-19 di Kabupaten Kudus Jawa Tengah.

Obat tersebut menjadi salah satu bantuan untuk mengatasi lonjakan kasus Covid-19 di kabupaten itu. Dia pun mempertanyakan, apakah ivermectin sudah atau belum terbukti efektif untuk mengobati Covid-19.

Adam mengutip hasil penelitian Lopez-Medina pada tahun 2021, WHO, NIH.

Dari penelitian itu diketahui, bahwa ivermectin bermanfaat dalam skala penelitian kecil dengan peserta uji klinis 50 hingga 200 orang.

Sementara, penelitian dalam skala besar dengan peserta uji klinis 400 orang, membuktikan bahwa ivermectin tidak bermanfaat, bahkan untuk pasien Covid-19 dalam skala ringan.

India pun, ujarnya, memang sempat menggunakan ivermectin untuk mengobati pasien Covid-19. Namun, ujarnya, sejak 27 Mei 2021, Kementerian Kesehatan India tidak lagi memasukkan obat itu ke dalam daftar yang disetujui digunakan untuk pasien Covid-19.

Kemudian, National Institutes of Health (NIH) menegaskan, bahwa belum ada data penelitian yang memadai untuk merekomendasikan atau melarang penggunaan invermectin untuk Covid-19.

Sementara, Badan Kesehatan PBB atau WHO dan Infectious Diseases Society of America (IDSA) tidak merekomendasikan invermectin untuk pasien Covid-19, kecuali untuk uji klinis.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19 Obat Covid-19
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top