Ilustrasi perawatan kulit/istimewa
Health

Tips Atasi Pori-pori Besar pada Wajah Anda

Ni Luh Anggela
Senin, 21 Juni 2021 - 15:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pori-pori besar pada wajah tampaknya menjadi masalah bagi kebanyakan orang. Tidak mudah untuk membuat tampilan pori-pori agar terlihat lebih samar.

Keadaan ini lebih banyak ditemukan pada kaum pria dibandingkan wanita, karena pria lebih banyak memproduksi hormon testosterone yang dapat memicu produksi sebum (minyak). Banyaknya faktor pemicu membuatnya menjadi sulit untuk ditangani.

Mengutip SehatQ, Senin (21/6/2021), ada tiga penyebab utama membesarnya pori-pori wajah, yakni produksi minyak yang berlebihan, penurunan elastisitas kulit di sekitar pori-pori, dan penambahan volume folikel rambut (akar rambut). Jerawat yang berulang, hormon, rosacea dan skin care yang Anda gunakan juga dapat memengaruhi ukuran pori-pori Anda.

Apakah pori-pori bisa dihilangkan secara permanen? Jawabannya adalah tidak bisa. Bahkan dengan skin care saja Anda tidak bisa mengecilkan pori-pori Anda.

Karena banyak faktor yang dapat menyebabkan pori-pori besar, penyebabnya perlu diidentifikasi dan terapinya disesuaikan dengan penyebabnya.
 
Dokter Dia Febrina menyarankan agar pori-pori besar yang berhubungan dengan produksi kelenjar minyak atau sebum yang berlebihan dapat diterapi dengan obat oles atau obat minum yang mampu mengurangi produksi sebum yang diresepkan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, laser atau light treatment, chemical peeling, dan botulinum toxin.

“Ditambah skin care yang tepat dan diet yang sehat. Penggunaan sunscreen wajib banget,” tulis dr Dia di laman Instagramnya @dokterkulitbekasi, Senin (21/6/2021).

Treatment seperti laser atau light, botulinum toxin, chemical peeling untuk membuat tampilan pori-pori lebih kecil dibutuhkan beberapa kali sesi treatment. Jadi, tidak cukup jika dilakukan hanya sekali. Untuk mempertahankan hasil yang sudah baik pun tentunya tindakan ini harus diulang kembali.

Pori-pori besar yang disebabkan menurunnya elastisitas kulit akibat penuaan dapat diobati dengan retinoid dan berbagai macam laser. “Jadi, mengobati pori-pori besar tidak semudah dan secepat filter kamera handphone-mu,” katanya.

Pori-pori besar bukanlah suatu penyakit, tetapi jika Anda merasa terganggu dan perlu untuk menanganinya, segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin agar mendapatkan perawatan yang sesuai dengan masalah kulit Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro