Ilustrasi vitamin
Health

Kasus Covid-19 Kian Mengkhawatirkan, Ini Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh

Ni Luh Anggela
Rabu, 23 Juni 2021 - 15:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Di masa pandemi ini, memiliki sistem kekebalan tubuh yang sehat menjadi sangat penting. Dengan memiliki sistem kekebalan tubuh yang sehat dan berfungsi dengan baik, Anda bisa terhindar dari virus.
 
Alih-alih mengonsumsi suplemen, Anda dapat memilih makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.
 
Sayangnya, masih banyak orang yang tidak cukup mengonsumsi buah-buahan segar, sayuran dan makanan lain yang diperlukan untuk menjaga tubuh tetap sehat.  Makanan sehat menyediakan banyak zat termasuk vitamin dan mineral untuk membuat kita tetap kuat dan sehat. Anda tidak bisa hanya makan jeruk atau jeruk bali atau meminum pil vitamin dan mengharapkan satu ledakan cepat vitamin C untuk mencegah pilek dan meningkatkan sistem kekebalan Anda.
 
“Sistem kekebalan yang benar-benar sehat bergantung pada diet sehat yang seimbang dari waktu ke waktu,” kata ahli diet terdaftar Maxine Smith.
 
“Ini seperti latihan untuk pertempuran dan mempersiapkan tubuh Anda terlebih dahulu sehingga dapat melalui pukulan yang baik ketika diserang oleh virus, bakteri, dan racun. Praktik gaya hidup lain seperti olahraga teratur dan tidur nyenyak akan lebih mempersiapkan Anda untuk pertempuran.”
 
Dengan beberapa pengecualian, yang terbaik adalah mendapatkan vitamin dan mineral dari makanan Anda daripada dalam bentuk pil. Smith membagikan  beberapa vitamin dan mineral terbaik yang dibutuhkan sistem kekebalan Anda, seperti dilansir dari laman Clevelandclinic.org, Rabu (23/6/2021):
 
1. Vitamin C

Vitamin C dapat membantu mencegah infeksi atau mempersingkat masa tinggal mereka. Buah jeruk menonjol, tetapi tahukah Anda ada sumber bagus lainnya? Smith merekomendasikan bayam, kubis, paprika, kubis Brussel, stroberi dan pepaya.
 
Fakta: vitamin C ada dalam begitu banyak makanan sehingga kebanyakan orang mungkin tidak perlu mengonsumsi suplemen kecuali jika disarankan oleh dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi suplemen vitamin C apa pun.
 
2. Vitamin E

Seperti vitamin C, vitamin E bisa menjadi antioksidan kuat yang membantu tubuh Anda melawan infeksi. Vitamin penting ini - bagian dari hampir 200 reaksi biokimia dalam tubuh Anda - sangat penting dalam bagaimana fungsi sistem kekebalan Anda. Untuk mendapatkan vitamin E Anda, pikirkan makanan nabati tinggi lemak seperti kacang almond, kacang tanah atau selai kacang, biji bunga matahari, minyak seperti bunga matahari, safflower, dan minyak kedelai, serta kacang hazel.
 
3. Vitamin A

Vitamin A adalah penangkal infeksi dan hadir dalam dua bentuk: dibentuk sebelumnya seperti dalam makanan hewani seperti ikan, daging dan susu atau dari karotenoid tumbuhan. Tuna adalah sumber vitamin A yang sangat baik. Dalam hal karotenoid, pilihlah yang berwarna-warni seperti wortel, ubi jalar, labu, blewah dan sayuran berdaun hijau tua.
 
4. Vitamin D

Dikenal sebagai vitamin sinar matahari, ini adalah salah satu nutrisi paling penting dan kuat untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Sumber makanan terbatas tetapi meliputi ikan salmon, ikan kembung, tuna dan sarden serta vitamin D yang diperkaya seperti susu, jus jeruk dan sereal.
 
Secara umum, yang terbaik adalah mendapatkan sebagian besar vitamin Anda dari makanan, tetapi vitamin D mungkin merupakan pengecualian untuk aturan itu. Bicarakan dengan dokter Anda untuk mengetahui apakah Anda memerlukan suplemen.
 
5. Folat atau asam folat

Folat adalah bentuk alami dan asam folat adalah bentuk sintetis, sering ditambahkan ke makanan karena manfaat kesehatannya. Untuk mendapatkan lebih banyak folat, tambahkan lebih banyak kacang dan lentil ke piring Anda secara teratur, serta sayuran berdaun hijau. Alpukat adalah sumber lezat lainnya. Anda juga bisa mendapatkan asam folat dalam makanan yang diperkaya (periksa labelnya terlebih dahulu).
 
6. Zat Besi

Zat besi, yang membantu tubuh Anda membawa oksigen ke sel, berperan dalam banyak proses sistem kekebalan tubuh. Itu datang dalam berbagai bentuk. Tubuh Anda dapat lebih mudah menyerap zat besi heme (alias zat besi dari produk hewani), yang berlimpah di daging merah (batasi jumlah yang lebih kecil dan lebih jarang), ayam, sarden kalengan, tiram, kerang, dan tuna kalengan. Jika Anda seorang vegetarian, jangan takut. Anda masih dapat menemukan besi di kacang polong, brokoli, kubis dan sereal yang diperkaya zat besi.
 
7. Selenium

Selenium tampaknya memiliki efek kuat pada sistem kekebalan yang penting untuk mencegah infeksi. Makanan hewani adalah sumber terbaik, kecuali kacang Brazil, yang menawarkan nilai harian lebih dari 100 persen dalam satu kacang. Namun, terlalu banyak bisa menjadi masalah, jadi jangan lebih dari satu atau dua dalam sehari. Cari selenium di makanan laut (tuna, halibut, sarden), daging dan hati, unggas dan keju.
 
8. Seng

Seng dibutuhkan untuk produksi sel sistem kekebalan baru. Ini ditemukan terutama dalam makanan hewani tetapi juga dapat ditemukan di beberapa makanan vegetarian seperti tiram, kepiting, daging dan unggas tanpa lemak, kacang panggang, yogurt dan buncis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro