Pose yoga suryanamaskar/Istimewa
Fashion

Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Virus Corona Melalui Yoga

Meuthia Novianthree Nafasya
Rabu, 23 Juni 2021 - 12:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah memberikan anjuran bagi masyarakat untuk tetap melakukan berbagai aktivitas dari rumah saja. Tentu menjaga kesehatan mental saat pandemi sangat penting salah satunya melalui yoga.

Olahraga Yoga dapat membantu menjaga kesehatan mental dan fisik seseorang. Selama pandemi, tidak sedikit seseorang mengalami terganggunya kesehatan mental.

Ada sebuah tren yang berkembang di masyarakat di berbagai negara yakni melakukan yoga untuk tetap sehat dan merasa segar kembali. Yoga juga dianggap mampu melawan depresi akibat isolasi sosial selama pandemi.

Melansir dari thenews.com, memulai latihan yoga secara teratur mungkin akan sulit dilakukan bagi Sebagian orang. Berikut tips yang dapat berguna apabila Anda tertarik untuk memulai olahraga yoga: 

1. Temukan Guru yang Baik

Menemukan seorang guru atau pelatih yang berpengalaman dan berkualitas akan memberikan perasaan yang jauh lebih mudah dan menyenangkan. Namun, di era teknologi yang semakin canggih dan mudah Anda dapat menemukan banyak video yang dapat diakses secara gratis di youtube. Anda juga dapat menemukan pembelajaran yoga di berbagai aplikasi yang tersedia. 

2. Persiapkan Diri Anda

Persiapan seperti menyediakan alat-alat penunjang olahraga yoga juga sangat penting diperhatikan. Pilihlah matras yang berkualitas dan tahan lama seperti tidak merasa licin ketika digunakan. Alat lainnya seperti balok juga perlu disiapkan, namun dapat diganti dengan memanfaatkan barang yang ada di rumah.

Selain itu, disarankan pula bagi seseorang yang akan memulai yoga untuk tidak makan selama satu atau dua jam sebelum latihan yoga. Kemudian, dianjurkan untuk hanya minum sedikit air sebelumnya dan tidak minum selama latihan. Sebaiknya hindari gula atau kafein sebelum yoga.

3. Lokasi yang Nyaman

Akan lebih baik jika rumah Anda memiliki ruangan yang luas untuk melakukan yoga. Buatlah ruangan dengan lebih nyaman, tenang, dan damai ketika berlatih. Anda juga dapat menambahkan aroma terapi untuk menciptakan suasana udara lebih rileks. 

4. Perhatikan Kemampuan Tubuh Anda

Sangat penting memperhatikan kemampuan tubuh seseorang untuk tetap aman dan menghindari cedera. Selalu perhatikan batas kemampuan tubuh dalam melakukan setiap gerakan yoga. Perhatikan area tubuh yang rentan seperti lutut, pinggul, tulang belakang dan leher. Jangan memaksakan diri apabila merasakan sakit.

5. Jangan Bandingkan Diri Anda Dengan Orang Lain

Membandingkan kemampuan orang lain hanya akan membuat diri kita semakin malas melakukan sesuatu karena akan selalu ada orang yang lebih berpengalaman. Olahraga yoga memang sedang menjadi tren tetapi bukan berarti yoga menjadi olahraga tontonan atau kompetisi.

6. Jangan Lupa Untuk Bernapas

Yoga merupakan olahraga untuk menemukan harmoni yang lebih sehat dan dalam antara tubuh dan pikiran seseorang. Pernapasan adalah pusat dari olahraga yoga ini. Tarik napas ke seluruh tubuh Anda dalam posisi yang rileks. Ada banyak hal yang dapat dan harus dipelajari tentang pernapasan sehat dalam yoga.

7. Berlatih Secara Teratur

Akan terlihat sempurna hasilnya apabila melakukan latihan secara teratur. Latihan dapat dilakukan dengan berlatih seminggu sekali, tiga kali seminggu, atau bahkan setiap hari. Sesuaikan dengan porsi kebutuhan dan kemampuan tubuh Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro